Menilik Pakaian Adat Simalungun Iriana Jokowi di Upacara HUT ke 74 RI

oleh -2.085 views
Iriana Jokowi (kiri) yang mengenakan pakaian Adat Simalungun bersama Jokowi yang mengenakan pakaian adat Kelungkung, Bali pada upacara HUT ke 74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019).

JAKARTA – Ibu Negara Iriana Jokowi kali ini berbeda pilihan dengan Presiden Joko “Jokowi” Widodo soal baju adat pilihannya di Upacara HUT ke-74 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8).

Ketika sang suami mengenakan pakaian asal Bali, baju adat Klungkung dari, Iriana mengenakan baju adat asal Tapanuli Utara, Sumatera Utara (Sumut).

Semakin khas, dilengan nya, nenek Jan Ethes ini menenteng tas anyaman berwarna merah yang bertuliskan “Horas”.

Apakah pilihan pakaiannya ini ada hubungannya dengan sang menantu yang notabene bermarga Nasution, namun setidaknya pilihan Iriana ini mengangkat rasa bangga masyarakat Tapsel.

Kian memesona, Iriana juga tampak mengenakan aksesoris Bulang di kepalanya dengan warna senada. Setidaknya hiasan ini yang membuat penampilannya begitu mencolok.

Memang yang membedakan pakaian adat Batak Simalungun dengan suku batak lainnya di Sumut yakni hiasan kepalanya.

Hiasan kepala pakaian Adat Simalungun itu terbuat dari bahan kain yang kemudian dililitkan hingga menjadi tumpukan yang tinggi.

Ia juga tampak mengenakan askesoris kalung dan anting berwarna emas. Tidak hanya itu Iriana juga tampak menggunakan suri-suri atau kain samping sebagai pelengkap. (Diva Suwanda)