Parade Busana Ulos Adat Karnaval 2019 Paling Diminati

oleh -595 views
Penampilan ragam busana dari siswa SMP 4 Balige. (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

BALIGE – Dari sekian banyak jenis yang ditampilkan para peserta saat parade Karnaval Pesona Danau Toba  (KPDT) Ke 4 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Toba Samosir, ternyata peserta Parade Busana Ulos yang paling banyak diminati warga.

Patar Silalahi, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) saat dihubungi melalui ponselnya pada Minggu (22/9/2019) kepada media mengatakan bahwa peserta parade busana Ulos saat KPDT saat itu didikuti sebanyak 120 peserta.

Hal itu, kata Patar, antusiasnya peserta itu berkenan dengan thema yang sengaja diangkat dalam KPDT 2019 itu yakni Pesona Danau Toba dalam Bingkai Adat dan Kostum.

“Semua kecamatan yang ada di Kabupaten Toba Samosir ini mengirimkan pesertanya dalam mengikuti parade busana tersebut, pun diri semua sekolah mulai sekolah dasar hingga tingkat atas juga mengikutinya,” ungkapnya.

“Bahkan dari berbagai suku yang ada di Nusantara ini juga datang dan mempersembahkan berbagai kekayaan busana daerahnya masing masing seperti etnis Jawa, Minang, melayu, Nias, Karo dan lainnya.

“Selain mempertunjukkan busana Batak Toba, kita juga menampilkan berbagai busana dalam kegiatan upacara pesta yang kerap dilaksanakan warga Tobasa seperti membawa tempat beras atau padi diatas kepala (manghutti tandok),” pungkas Patar mengakhiri.

Reporter: Bernard Tampubolon