Perayaan Thaipusam Hindu Tamil, Akhyar: Pemko Selalu Rawat Perbadaan untuk Kenyamanan

oleh -362 views
Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menghadiri perayaan Thaipusam 2020 di Jalan Kejaksaan Medan, Sabtu (8/2/2020). Kegiatan budaya masyarakat Hindu Tamil tersebut menjadi agenda kegiatan budaya rutin setiap tahun Kota Medan. (orbitdigitaldaily.com/Diva Suwanda)

MEDAN– Perayaan Thaipusam umat Hindu Tamil di Kota Medan, Sabtu (8/2/2020) malam belangsung meriah dan dihadiri ribuan warga berbagai etnis dan agama.

Rangakain ritual keagamaan ini menjadi bukti kepedulian pemerintah Kota (Pemko) Medan kepada semua, tanpa memandang perbedaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi yang mkehadirannya disambut iringan musik, tarian hingga memecahkan satu buah kelapa.

Turut hadir diantaranya, Konsul Amerika untuk Sumatera Mr Guy Margalith, Wakil Konsul India untuk Sumatera Mr Gaurav Nagar, Pembimas Hindu Sumut, Antoni Kuil Sembiring, Ketua PGI Sumut Pdt Eden Siagian, Wakil Ketua PHDI Sumut S Alexander, Ketua PHDI Medan Surya, Kadis Kebudayaan Kota Medan Ok Zulfi dan Kabag Agama Setda Kota Medan Adlan.

Akhyar Nasution dalam sambutannya mengatakan, kegiatan keagamaan tersebut merupakan wujud kekayaan budaya dan keberagaman Kota Medan.

Meskipun jumlah umat Hindu tidak banyak, namun gaungnya mampu menarik perhatian warga lain, bahkan wisatawan mancanegara yang sempat menonton kemeriahan ritual ini.

“Inilah bukti jika Kota Medan itu multi kultural, saling toleransi antara sesama warganya. Aman dan nyaman untuk kita sebut rumah kita bersama,” ujar Akhyar.

Dari ritual yang dilakukan oleh warga Hindu ini kata Akhyar, Thaipusam merupakan perayaan kemenangan nilai-nilai kebaikan atas segala bentuk kejahatan dan nafsu. Sekaligus juga penebusan dosa serta permohonan ampunan atas perbuatan dosa selama ini.

“Karena menariknya ritual yang dilaksanakan pada perayaan thaipusam ini, maka tidak heran jika momen ini kerap menjadi salah satu momen yang senantiasa dinantikan oleh mayoritas warga Kota Medan, meskipun ia berasal dari keyakinan yang berbeda. Ini menunjukkan nilai-nilai toleransi dan saling menghargai yang masih kuat terpatri di hati sanubari warga Kota Medan,” ungkap Akhyar.

Sementara Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan, Surya, menyampaikan bahwa perayaan Thaipusam di Kota Medan memasuki tahun ketiga di 2020.

Karena itu mereka berharap, kemeriahan dari ritual ini bisa semeriah seperti di negara-lain di dunia.

“Kegiatan ritual ini akan kami tingkatkan pada perayaan tahun berikutnya. Hal tersebut juga tidak lepas berkat campur tangan Pemko Medan, yang sampai saat ini mendukung dan memperjuangkan kami umat Hindu yang ada,” ungkap Surya. (Rel/Diva Suwanda)