Aceh  

Percepat Pelayanan PN Blangpidie Jalin Kerjasama Dengan Disdukcapil

ABDYA| Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten setempat, tentang pelaporan peristiwa penting kependudukan dan pencatatan sipil.Kamis (28/4/2022).

Ketua PN Blangpidie, Zulkarnaini SH MH mengatakan, perjanjian kerjasaman dengan Diskdukcapil Abdya itu bertujuan untuk mempercepat layanan dalam proses perubahan elemen data akta pencatatan sipil yang tidak memerlukan putusan atau penetapan dari PN Blangpidie. Selain itu menjadikan pelayanan yang menyenangkan masyarakat mewujudkan tertib administrasi kependudukan khususnya pelaporan peristiwa penting.

“Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini adalah perubahan elemen data akta pencatatan sipil yang tidak memerlukan putusan atau penetapan dari PN Blangpidie dan perubahan elemen data akta pencatatan sipil yang memerlukan putusan atau penetapan dari PN Blangpidie,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisdukcapil Abdya Jamaluddin menyebutkan, baik adanya perjanjian kerjasama tersebut. Menurutnya, ikatan perjanjian dimaksud semata-mata untuk meningkatkan pelayanan publik di Abdya sebagaimana tertuang dalam misi Bupati Akmal Ibrahim dan Wakil Bupati Muslizar MT.