Peringatan HUT RI ke 75 di Karo Digelar Sederhana dan Utamakan Prokes Covid-19

oleh -419 views
Salah satu momen dalam acara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun lalu di Kabanjahe

TANAH KARO –Mempedomani Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia (Mensesneg RI) Nomor : B – 457/M.Sesneg/Set/TU.00.46/06/2020 dan SE Mensesneg RI Nomor : B – 457/M.Sesneg/Set/TU.00.46/06/2020, maka upacara peringatan/perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemedekaan Republik Indonesia ke 75 di Kabupaten Karo, dilaksanakan secara sederhana, hikmad dan sangat minimalis dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19, di halaman Kantor Bupati Karo, Senin 17 Agustus 2020 mendatang.

Upacara peringatan/perayaan HUT Kemerdekaan ke 75 ini, akan di ikuti Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Wakil Bupati Cory S Sebayang, Forum Komunikasi Pimnpinan Daerah (Forkopimda) Sekdakab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba MSi, para Asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tamu undangan yang sifatnya terbatas. Sedangkan Apratur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat mengikutinya dari rumah masingmasing melalui siaran langsung Televisi Nasional.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH melalui Kadis Kominfo Jhonson Tarigan dan Kadispora Robert Perangangin SPD Msi, Kamis (6/8/2020) di Kantor Bupati Karo Jalan Jamin Ginting Kabanjahe.

Menurut Kadis Kominfo Drs Jhonson Tarigan, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang bertema “Indonesi Maju” dilaksanakan secara sederhana, hikmad dan sangat minimalis juga upacara penurunan bendera sangka saka Merah Putih juga demikian halnya dan tifdak dilaksanakan di stadion bola Samura, karena saat ini kita tengah menghadapi situasi pandemi Covid-19. Jadi pelaksanaan peringatan HUT Kemrdekaan RI ke 75, mulai dari pusat hingga kedaerah dilaksanakan secara seerhana.

“Taptu, pawai, drum band, carnaval keliling kota Kabanjahe termasuk hiburan pun ditiadakan kali ini untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 terhadap masyarakat, untuk itu dihimbau kepada seluruh masyarakat desa dan kelurahan di Kabupaten Karo supaya tidak usah datang ke Kabanjahe maupun ke Berastagi, karena hiburan dan acara lain yang bersifat hiburan tidak ada dilaksanakan. Lebih baik mengikuti upacara detik-detik proklamasi dari rumah melalui siaran televisi, sesuai dengan anjuran pemerintah,” ujarnya menirukan pesan Bupati.

Sementara Kadispora Robert Peranginaangin mengatakan, peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI kali ini tidak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya yang melibatkan 86 orang Paskibraka sebagai pengerek benderah Merah Putih dan dihadiri TNI/Polri ASN, Pelajar, tokah agama, tokoh masyarakat dan undangan berbagai kalangan. Sesuai anjuran pemerintah pelaksanaan peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI kali ini dilaksanakan dengan hikmad, sederhana dan sangat minimalis dan pelaksanaannya pun di halaman kantor Bupati Karo.

“Sedangkan untuk pengerek bendera pada saat upacara peringatan nanti, kita mengambil peserta Paskibraka tahun 2019 lalu, sebanyak 3 orang sebagai pengerek bendera Merah Putih dan 2 orang sebagai cadangannya,” ujarnya.

Reporter : Daniel Manik