Medan  

Puluhan Jurnalis Medan Menolak Tegas RUU Penyiaran

Para jurnalis Medan dari berbagai media melakukan Aksi demo menuntut Rancangan UUD penyiaran di depan Gedung DPRD Sumatra utara Jalan Imam Bonjol Medan. Selasa (21/5/2024) . Orbit digital/ wawan

MEDAN | Puluhan Jurnalis Kota Medan melakukan aksi demontstrasi di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (21/5/2024).

Tuntutan penolakan terhadap Rancangan Undang- undang (RUU) penyiaran yang akan menggantikan Undang Undang Nomor 32 tentang penyiaran, karena dianggap sebagi pembungkaman terhadap kebebasan pers di indonesia.

Dalam aksi terlihat para organisasi pers dari berbagai jurnalis baik media cetak, online maupun televisi sambil membentangkan poster sambil berorasi. orasi berisi tuntutan agar dihapusnya Undang undang yang membungkam kebebasan pers.

Para perwakilan organisai seperti Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) dan Forum Jurnalis Perempuan Indoneaia (FJPI) memberikan orasi terkait Undang undang yang membungkanm tugas jurnalistik.

Prayugo Utomo dari Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan megatakan ketakutan pejabat untuk dikritik

“Kita tahu dalam draft RUU Penyiaran ada pelarangan liputan investigasi. Apakah ini adalah ketakutan dari para pejabat untuk dikritik? Apakah ini ketakutan terhadap suara-suara yang kritis?” ujarnya.

Yugo juga mengatakan pihaknya meminta DPRD Sumut untuk menyampaikan ke DPR RI agar tidak melanjutkan proses pembahasan RUU Penyiaran.

“Kita minta DPRD tidak diam saja terhadap protes yang kami lakukan. Kami minta untuk menanggapinya,” jelasnya.

Arizal orator lainnya menyebutkan RUU Penyiaran merupakan bentuk kriminalisasi terhadap jurnalis karena banyak pembatasan yang akan dilakukan.

Dikatakannya, hak-hak masyarakat sekarang dikenal dengan istilah “no viral no justice”. Di mana sampai saat ini beberapa instansi juga sudah melakukan pengekangan terhadap jurnalis.

Saat menyampaikan orasi salah seorang perwakilan dari DPRD Medan Rahmansayah Sibarani menghampiri para Jurnalis dan menerima aspirasi yang disampaikan.

Reporter : Iwan GB