Sah, KPU Deliserdang Tetapkan 50 Kursi Anggota DPRD Terpilih Pemilu 2024

LUBUKPAKAM | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang menetapkan 50 kursi anggota DPRD kabupaten setempat yang terpilih pada Pemilu 2024.

Penetapan ini dilakukan pada acara Rapat Pleno Perhitungan dalam Penetapan Jumlah Kursi Anggota DPRD Kabupaten Deliserdang yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Deliserdang Relis Yanty Panjaitan Selasa sore (28/05/2024) di Hotel Prima Kualanamu.

Acara ini dihadiri dan disaksikan anggota KPU Deliserdang Pj Bupati Deliserdang DPRD Kapolres Dandim 0204 Bawaslu Deliserdang Kapoltabes Medan parpol serta undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Deliserdang Relis Yanty Panjaitan dalam sambutannya mengatakan pembacaan perhitungan dan penetapan jumlah kursi anggota DPRD Kabuapaten Deliserdang merupakan bagian akhir daripada pelaksanaan tahapan pemilu legeslatif 2024 dimana KPU menetapkan jumlah kursi anggota DPRD .

Hal ini berdasarkan pada UU Nomor 7 Tahun 2017 dan PKPU Nomor 6 Tahun 2023 serta keputusan PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK).

Untuk penetapan jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Deliserdang dihitung memakai metode sainte – legue yakni 1.3.5.9.11. bagi masing masing parpol yang memperoleh suara.

Pada kesempatan ini KPU juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Kapolres Dandim Bawaslu Deliserdang serta masyarakat Deliserdang yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan pemiu legeslatif 2024 berjalan sukses aman dan lancar.

“Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan pada kami” ujar Relis Yanty Panjaitan.

Sementara itu Pj Bupati Kabupaten Deliserdang yang diwakili Assisten 3 menilai pelaksanaan pemilu 2024 di kabupaten Deliserdang berjalan dengan aman dan lancar

Dan hari ini ditetap jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Deliserdang dari masing masing parpol guna menyampaikan aspirasi masyarakat Deliserdang.

Pj Bupati juga berharap anggota DPRD Deliserdang terpilih pada pemilu 2024 dapat menjalankan tugas dengan sebaik baiknya

Adapun perhitungan dan penetapan jumlah kursi anggota DPRD Kabupaten Deliserdang yaitu PDIP 7 kursi Partai Golkar 7 kursi Partai Nasdem 7 kursi Partai Gerindra 7 kursi PKS 5 kursi Partai Demokrat 4 kursi PKB 3 kursi PAN 3 kursi PPP 3 kursi Partai Hanura 2 kursi PBB 1 kursi dan Partai Perindo 1 kursi.

Reporter : AM Tanjung