Aceh  

Melalui Saweu Sikula, Polres Aceh Selatan Bentuk Anak Tertib Berlalulintas

ACEH SELATAN | Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dalam keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di kalangan anak-anak, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Aceh Selatan Polda Aceh mensosialisasikan Kamseltibcar Lantas kepada anak pelajar SD.

Kali ini yang dikunjungi giliran SD Negeri Mersak Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan melalui Program Polisi Saweu Sikula, Rabu (29/05/2024).

Kegiatan dalam program “Polisi Saweu Sikula” tersebut, Kanit Keamanan dan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Aiptu Sumitra mengajak anak-anak pelajar untuk memahami tata cara berlalu lintas yang aman.

Ia menekankan pentingnya keselamatan di jalan raya, mengenalkan aturan lalu lintas dasar, dan mendorong pembentukan karakter anak yang berakhlak baik.

“Keselamatan di jalan raya ini sangatlah penting. Oleh karena itu, kita harus mengetahui dan mentaati aturan berlalulintas,” papar Sumitra.

Lanjutnya, selain itu, Sumitra juga memberikan informasi edukatif tentang bahaya kecelakaan lalu lintas..

Dalam upaya menciptakan keamanan di sekitar mereka, anak-anak didorong untuk berperan aktif

.Selain itu juga sambungnya, memberikan Pembinaan karakter yang baik, terutama terkait etika berlalu lintas, menjadi fokus utama penyampaian sosialisasi ini.

Sementara itu, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, melalui Kasi Humas AKP Adam Sugiarto menyatakan, kegiatan “Polisi Saweu Sikula” ini adalah langkah nyata dalam memberikan pendidikan praktek kepada anak-anak sejak dini terkait keselamatan dan kedisiplinan berlalu lintas.imbuhnya.

“Sambungnya, sangat penting membentuk karakter anak-anak yang berakhlak baik dan sadar akan aturan berlalu lintas untuk menciptakan generasi yang berkualitas dan aman di jalan raya,” harap Adam.

Menurutnya, program “Polisi Saweu Sikula” menjadi manifestasi komitmen Sat Lantas Polres Aceh Selatan dalam memberikan edukasi kepada generasi muda.katanya.

Harapannya, sambungnya, kegiatan ini dapat membentuk anak-anak yang sadar akan pentingnya keselamatan dan tertib berlalu lintas, serta mampu menjadi pelopor perilaku yang baik di masyarakat.katanya.

“Kita sangat berharap, dengan adanya kegiatan ini kita dapat meningkatkan ketertiban berlalulintas.

Dengan ini juga, keselamatan saat berkendara menjadi semakin meningkat di Aceh Selatan,” pungkas Kasi Humas.

Reporter : YUNARDI. M. IS