Staf Ahlli Rudi Kinandung Buka Lomba Bercerita Rakyat Tingkat SD se Langkat

Lomba Bercerita Rakyat tingkat SD/MI di Kabupaten Langkat

STABAT | Pejabat Bupati Langkat diwakili Staf Ahli Bid Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. H. Rudi Kinandung MAP membuka Lomba Bercerita Rakyat Tingkat SD/MI sederajat, bertempat di Taman Tengku Amir Hamzah Stabat, Kamis (29/2/2024).

Laporan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan H. Romarlan Harahap SH menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakan lomba bercerita rakyat adalah :
1.Menumbuh kembangkan minat dan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan bangsa persatuan dan kesatuan serta nasionalisme
2.Menarik minat baca anak tentang buku-buku cerita budaya daerah sejarah dan pahlawan
3.Menumbuhkan kecintaan akan budaya nasional atau kearifan lokal
4.Membiasakan melatih anak untuk hidup cerdas memiliki mental kreatif dan kompetensi

Narasumber dan tim juri ada sebanyak 3 orang yaitu dari Perpustakaan Langkat, Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara dan rumah sastra Sumatera Utara. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 orang berasal dari SD/MI sederajat yang ada di Kabupaten Langkat dan dilaksanakan selama dua hari, 29 Pebruari – 1 Maret 2024 bertempat di Taman Tengku Amir Hamzah Stabat

Sambutan tertulis Pj Bupati Langkat yang dibacakan oleh Drs. H Rudi Kinandung MAP menyebutkan, merupakan salah satu tujuan yang hendak dicapai perpustakaan yaitu membudayakan gemar membaca kepada masyarakat

“Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah dalam membudayakan gemar membaca yaitu dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang mendukung budaya baca dan literasi,” ucapnya.

Kita berharap semoga kegiatan lomba ini secara terus-menerus dilaksanakan dan dapat bersinergi dengan berbagai pihak, baik itu pemerintah daerah maupun swasta yang ada di Kabupaten Langkat dengan harapan upaya pembudayaan kegemaran membaca semakin meningkat, harapnya.

Rudi Kinandung dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para guru atau pendamping yang telah memberikan dukungan kepada para peserta selama persiapan, semoga segala upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang baik bagi para anak didik kita, ungkapnya.

Reporter : Susanto