Terkelin Menjamin Pembangunan Laboratorium PCR Swab Tes Covid-19 Selesai Desember 2020

oleh -79 views

TANAH KARO |Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, menjamin pembangunan laboratorium Polymerace Chain Reaktif (PCR) Swab tes selesai dibangun akhir Desember 2020 mendatang. Untuk selanjutnya dapat segera digunakan guna melayani pasien Covid-19 di RSU Kabanjahe sebagai rumah sakit rujukan.

Hal ini diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Sekdakab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba saat menggelar konfrensi pers terkait penangan Covid-19 dan netralitas ASN dalam Pilkada 2020 mendatang, Kamis (08/10/2020)..

Menurut Terkelin pembangunan laboratorium PCR Swab tes itu sudah sangat mendesak, mengingat RSU Kabanjahe sebagai rumah sakit rujukan Covid-19.

Dengan adanya laboratorium PCR tersebut tidak perlu lagi berminggu-minggu menunggu hasil, cukup dua sampai tiga jam saja, sudah dapat mengetahui hasil swab tes.

“Jadi masyarakatpun tidak perlu lagi curiga ketika ada pasien covid-19 dinyatakan positif, karena hasilnya dalam waktu singkat dapat kita ketahui dan akurat,” terang Terkelin.

“Untuk itu yakinlah, lab PCR segera kita bangun, anggaran pembangunanyapun sudah ditampung di P-APBD Kab Karo Tahun Anggaran 2020. Untuk melakukan Swab tes pun nantinya kita tidak perlu lagi jauh-jauh dan ngantri. Cukup di RSU Kabanjahe saja, karena kita sudah memiliki fasilitas lengkap untuk melakukan swab tes,” ujar Terkelin.

Sementara Direktur RSU Kabanjahe Arjuna Wijaya membenarkan, di lokasi RSU Kabanjahe akan dibangun laboratorium PCR Swab tes dan anggaran pembangunan sudah ditampung di P-APBD kab karo TA 2020. Ditergetkan akhir Desembar 2020 sudah selesai di bangun dan dapat segera digunakan untuk melakukan Swab tes.

Disinggung soal lahan RSU Kabanjahe bukan aset daerah, menjawab pertanyaan Arjuna Wijaya mengatakan, itu tidak menjadi masalah.

“Karena Laboratorium PCR yang akan dibangun ini modelnya sistem Kncok Down, bisa bongkar pasang dan dipindah-pindah. Ketika nanti ada lagi lokasi yang lebih strategis dan bagus kita pindahkan lagi kesana. Jadi menyangkut masalah lokasi tidak ada masalah, karena sifatnya bisa dipindah-pindahkan,” pungkasnya.

Reporter : Daniel Manik