Tidak Dapat BLT DD, Puluhan Warga Suka Babo Mengadu ke Bupati dan Geruduk DPRD Karo

oleh -183 views
Puluhan warga lanjut usia asal desa Suka Babo saat mendatangi Bupati Karo Terkelin Brahmana di halama Taman Hijau dekat Gedung DPRD Karo Kabanjahe.

TANAH KARO- Nilai tidak ada pemerataan hak dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat, terlebih sulitnya perekonomian dimasa pandemi Covid-19, puluhan warga desa Suka Babo Kecamatan Juhar berusia lanjut temui Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH sampaikan keluhannya usai menggruduk gedung DPRD Karo, (1/07/2020).

Menurut perwakilan warga desa Suka Babo Menurut Heriplin Sembiring, saat ini warga desanya tidak ada mendapatkan penyaluran pemerataan hak dalam penerimaan bantuan BLT Dana Desa. Adapun yang memperoleh BLT DD hanya tercatat sebanyak empat kepala keluarga saja sebagai penerima manfaat didesa kami.

“Kami semua yang berkumpul di halaman Taman Hijau Kabanjahe dekat gedung dewan ini, melakukan aksi protes kegedung DPRD Karo, karena tidak terdata sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa di kampung kami Desa Suka Babo, kami keberatan atas keadaan ini,” tandas Heriplin Sembiring.

“Inilah yang membuat puluhan orang tua lanjut usia (lansia) kompak ke Kabanjahe untuk mencari keadilan,” ujar Ketua BPD Desa Suka Babo kepada terkelin dan Kadis DPMD Abel Tarawai Tarigan. Rabu (1/7) di halaman dekat gedung DPRD Karo.

“Sebenarnya, kami tadi sudah mau pulang ke kampung, namun saat kami melihat bapak bupati tadi melintas kearah gedung DPRD Karo, kami serentak menghampiri bapak, ternyata bapak bupati langsung mau berdialog dengan kami,” ujar warga Suka Babo.

Menyahuti keluhan warga Desa Sukababo, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menyarankan supaya mereka melakukan musyawarah dengan memperhatikan kearifan lokal budaya suku Karo. “Meski begitu, saya akan segera menghubungi camat Juhar Jumpana Pinem untuk memastikan permasalahan itu,” kata Terkelin.

Usai mendapat penjelasan dari camat Juhar via HP, terkelin menyarankan warga untuk kembali ke kampung untuk berembuk dengan pemerintah desa yang difasilitasi camat Juhar.

Secara terpisah, Camat juhar jumpana Pinem membenarkan bahwa sudah ada komunikasi dengan Bupati terkait masalah aksi protes warga desa Sukababo terkait BLT (Bantuan langsung tunai) Dana Desa.

“Besok, Kamis (2/6/2020) pertemuan akan digelar kembali di Jambur dan saya pasti akan hadir untuk memediasi kembali dengan melibatkan Forkopincam,” ujarnya melalui pesan singkat whatsapp.

Sebelumnya ditengah berlangsungnya Rapat Dengar Pendapat (RDP) PPDB sistem zonasi antar DPRD Karo dengan UPT Dinas P[endidikan Provsu, Kepsek SMA Negeri 1 dan 2 Kabanjahe, Ortu dan siswa korban zonasi, puluhan warga Suka Babo berusia lanjut menggeruduk gedung dewan. Namun niat mereka untuk menyampaikan aspirasinya terkait tidak ada pemerataan hak dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa tertahan untuk bertemu dengan anggota dewan, karena sidang sedang berlangsung.

Melihat kedatangan puluhan warga berusia lanjut itu, pihak DPRD Karo melalui sekeretariat dewan menyarankan suapaya warga untuk menunda dan mengambil waktu menyampaikan keluhannya ke lembaga dewan. Atas saran itu, puluhan warga Suka Babo pun dengan tertib meninggalkan gedung DPRD Karo.

Reporter : Daniel Manik