Karo  

Wabup Karo Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023

Bupati Karo bersama Wakil dan Forkopimda foto bersama usai mengikuto upacara bendera

KARO I Peringati Hari Lahir Pancasila tahun 2023. bertema “Gotongroyong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, Pemerintah Kabupaten Karo gelar upacara bendera, Kamis (1/6/2023) di Halaman Kantor Bupati Karo, Jalan Veteran Kabupaten Karo.

Kali ini, khusus peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 juga menggunakan tagline. Tagline Harlah Pancasila 2023 adalah “Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia”.

Di kesempatan itu, amanat Presidwn RI yang dibacakan Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa, keberadaan pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktekkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” tandas Theopilus.

Diakhir amanatnya, Presiden RI, Joko Widodo mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan keseharian dan dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 juga digelar di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Karo. Upacara dipimpin langsung oleh Camat dan dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), seluruh perangkat Kecamatan dan perangkat desa.

Reporter : Daniel Manik