17 Grup Ikut Festival Saman Gayo Lues

oleh -128 views
H Muhammad Amru bersama Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah

GAYOLUES – Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru menyampaikan, Festival Saman Gayo Lues kali ini diikuti 17 peserta dari Kabupaten/Kota serta Grup-grup Tari Saman se Aceh.

Hal itu disampaikan Bupati, dihadapan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, saat membuka Festival Saman Gayo Lues yang berlangsung di Stadion Seribu Bukit Blangkejeren, Senin (19/8/2019) malam.

Dikatakan, Ceremony Festival Saman di Gayo Lues, sebagai tindaklanjut kegiatan Gayo Lues Festival tahun 2018. Kegiatan ini merupakan Aceh’s top 3 event serta masuk dalam 100 event bergengsi pada Calender of Event Nasional.

Bahkan Festival Saman ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Indonesiana, yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta Pemerintah Kabupaten Gayo Lues.

“Kegiatan Festival Saman ini merupakan hasil inisiasi kegiatan pada tahun 2018 lalu, yaitu kegiatan Gayo Lues Mountain Festival, yang salah satunya Festival Saman. Kemudian, kegiatan Festival saman ini juga didukung oleh kegiatan The Light of Aceh, yang melibatkan talent-talent dalam menyemarakkan acara serta publisitas kegiatan besar Festival Saman,” papar Amru.

Dalam Opening Ceremoni itu, pihak panitia juga menampilkan tarian massal Ratoh Jaroe, grup Tari Saman Gayo Lues dan penampilan Putri-putri Gayo Lues dalam tarian Aih Aunen.

Sementara itu, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Festival Saman merupakan salah satu bukti nyata, perwujudan pembangunan Aceh sebagai implementasi pembangunan manusia dan kebudayaan yang terukur, berkesinambungan dan terarah.

“Tahun 2011 lalu, UNESCO mengakui Tari Saman Gayo Lues sebagai warisan budaya tak benda milik dunia. Ini merupakan kebanggaan kita sebagai Bangsa Indonesia. Kemudian, sebagai bukti bahwa Tari Saman selalu eksis dalam kehidupan masyarakat Gayo Lues dan memiliki pendukung kebudayaan yang besar, ditahun 2015 lalu juga digelar Tari Saman massal yang diikuti 10.001 penari,” tutupnya.

Hadir dalam acara itu, Plt Gubernur Aceh beserta Istri, Bupati dan Ketua DPRK Gayo Lues, Wakil Bupati Bener Meriah, Wakil Bupati Aceh Tenggara, Wakil Bupati Aceh Tengah, Perwakilan Kemenko PMK, Sekretaris Dirjen Kebudayaan RI, Kementerian Pariwisata RI, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Forkopimda Gayo Lues, Sekda, para Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPK, Dewan juri Festival Saman Gayo Lues, Ketua IMB, Kontingen Daerah dan Lokal serta para awak media dan LSM. (*)

Laporan: Putra