5 Tahun Tak Diperbaiki, Jalan M Nurdin Bagai Kubangan

Kondisi Jalan M Nurdin ujung becek dan berlumpur. (orbitdigitaldaily.com/Firdaus Hasibuan)

PALAS – Becek dan berlumpur, menggenang bagai kubangan setidaknya kondisi ini yang terjadi di salahsatu jalan di Lingkungan Enam Padangluar Ikpos, Kecamatan Barumun, Kabupaten Palas.

Anehnya, jalan tersebut merupakan salahsatu jalan yang berlokasi di pusat kota, tepatnya di Kelurahan Pasar Sibuhuan.

Padahal, Kabupaten Padang Lawas merupakan kota yang terdiri dari 12 kecamatan dan satu kelurahan dengan APBD yang cukup besar. Aneh rasanya ketika kondisi jalanan tersebut yang diketahui bernama Jalan M Nurdin Ujung dibiarkan begitu saja tak diaspal.

Kartini Lubis salah satu warga mengatakan, situasi di Jalan M Nurdin Ujung hingga yang diketahui pula sampai Jalan M Hasan Harahap Palas ini sangat memprihatinkan kala diguyur hujan.

“Jalan seketika becek, berlumpur dan licin. Terkadang ada sepeda motor mogok dan jatuh tergelincir karena lumpur yang mengendap,” katanya, Jumat (18/10/2019).

Masih kata Kartini Jalan ini sudah hampir Lima Tahun di biarkan begitu terbengkalai saja padahal jalan ini rame dilewati warga karna salah satu jalan menuju Sekolah Islam Terpadu.

“Jalan yang dibiarkan tanah ini dari ujung Jalan Muhammad Nurdin Ikppos sampai ke Jalan Lingkar Hasan Harahap yang masih ada rumah warga. Apakah masyarakat sini ini tidak bisa menikmati kenyamanan seperti masyarakat Lingkungan lainya pungkasnya,” sebut Kartini.

Sementara itu, Kepala Dinas PU dan Pertambangan Palas, Harry Rijal Hasibuan ketika di konfirmasi.

“Kemungkinan akan kita ajukan pada R APBD Tahun 2020. Karna untuk perkotaan sudah kita prioritaskan harus tuntas sampai tahun 2023,” ujarn Harry.

Ia mengatakan, pihaknya sejumlah jalanan yang belum pernah tersentuh pengaspalan juga akan dibenahi.

“Bukan jalan M Nurdin Saja, ujung Jalan Ikpos pun akan kita tuntaskan,” pungkas Rijal.

Reporter: Firdaus Hasibuan