Abrasi, Pohon Pinus di Pantai Jono Bertumbangan

Pohon pinus terlihat bertumbangan di Pantai Jono Desa Lalang, Kec. Medang Deras, Kab.Batubara, akibat abrasi. ORBIT/Saini

Batubara-ORBIT: Pantai Jono yang disebut sebagai pantai perjuangan terletak di  Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Batubara saat ini terlihat mulai tergerus dengan abrasi yang  mengikis bibir pantai.

Pantauan wartawan, Rabu (23/1/2019) pantai berpasir putih terluas di Kabupaten Batubara ini menurut sumber warga setempat, sudah mulai terjadi abrasi sejak beberapa bulan yang lalu.

Akibatnya terlihat beberapa pohon pinus dengan usia yang cukup tua bertumbangan dibibir pantai. Selain itu pohon pohon kecil juga mulai terlihat layu karena terendam air asin.

“Kalau diperhatikan saat ini, . arus air laut macamnya ada perubahan, kemungkinan arus air ini yang membawa pasir pantai pergi dari sini hanyut ke laut,” sebut Zakaria di lokasi pantai.

Selain itu kata Zakaria,  terbentangnya pantai ini hampir bersamaan dengan abrasi besar di Pantai Kuala Sipari sekitar dua puluh tahun yang lalu. Bahkan titik pantai disana mundur hampir seratusan meter, sampai ke rumah – rumah nelayan banyak ditelan air laut.

Bupati Batubara Zahir mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya sudah menyampaikan kondisi beberapa titik pantai yang ada di Batubara yang kritis ke BNPB di Jakarta.

“Pada prinsipnya BNPB bersedia memprioritaskan Batubara untuk menanggulangi dampak abrasi di pantai kita,” kata Zahir. Od-Sai