Medan  

Meresahkan! Aksi Begal Marak, PKN Minta Wali Kota Medan Aktifkan Lampu Jalan

Ketua Harian DPC PKN Kota Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain. (Ist)

MEDAN | Pemuda Karya Nasional (PKN) ikut menyikapi makin maraknya kejahatan di jalanan Kota Medan, seperti begal dan geng motor, yang kian meresahkan masyarakat.

Maka dari itu PKN ikut menyuarakan harapan masyarakat kepada pemerintah kota dan aparat keamanan untuk mengatasi persoalan maraknya begal tersebut.

Kepada Pemko Medan khususnya, PKN mempersoalkan lampu-lampu jalan yang banyak tidak berfungsi, termasuk yang berada di jalan-jalan protokol.

“Lampu-lampu jalan yang tidak berfungsi bukan cuma menjadikan suram wajah Kota Medan, lebih dari itu akhirnya mengundang kejahatan,” kata Ketua Harian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKN Kota Medan, Bobby Octavianus Zulkarnain, Minggu (9/7/2023).

Khususnya di jalan-jalan protokol, seperti Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Imam Bonjol dan lainnya, setelah Wali Kota Medan Bobby Nasution membatalkan proyek lampu jalan yang terkenal dengan sebutan lampu pocong, belum ada tindak lanjut untuk mengatasi masalah penerangan.

Pihaknya mendukung langkah Wali Kota Medan dalam menangani persoalan proyek lampu jalan tersebut. Tapi di samping itu, Bobby Zulkarnain pun mengimbau Pemko Medan mengaktifkan lampu jalan yang lama.

Wali Kota Bobby Nasution diminta memerintahkan Dinas Perhubungan yang diberi wewenang segera memasang lampu jalan di tiang-tiang yang ada.

“Jangan terlalu lama kondisi gelap seperti ini, yang akan mengundang aksi kejahatan seperti perampokan atau begal,” ujar Bobby.

Dia pun menyarankan, Bobby Nasution membuat satu kebijakan untuk mengajak warga ikut mengatasi masalah penerangan umum, terutama di lingkungan tinggalnya.

“Kita mungkin masih ingat dengan kebijakan Wali Kota Abdillah dulu, saat baru dilantik membuat kebijakan terkait penerangan lingkungan,” ungkap Bobby.

Saat itu, ingatnya, Abdillah mewajibkan tiap ruko memasang satu lampu di depan bangunannya.

“Jadinya, selain lingkungan jadi terang dan gemerlap, tentunya juga meminimalisir kemungkinan aksi kejahatan,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait tindakan terhadap pelaku kejahatan, Bobby Zulkarnain meminta aparat kepolisian bersikap.proaktif melakukan pencegahan.

“Polrestabes Medan dan jajaran harus aktif melakukan patroli. Dan kami dari PKN mendukung sikap tegas Polri terhadap para pelaku begal dan kejahatan lain,” ucap Bobby. (Rel)