Batu Katak, Wisata Bunga Langka dan Hewan Liar

Salah satu tumbuhan bunga langka yang terdapat di objek wisata Batu Katak Kabupaten Langkat Sumatera Utara

LANGKAT | Kabupaten Langkat Sumatera Utara memiliki banyak potensi wisata alam yang begitu indah. Salah satunya adalah objek wisata Batu Katak yang terletak di Desa Batu Katak, Dusun Batu Jongjong Kecamatan Bahorok.

Batu Katak menjadi kunjungan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat secara langsung jenis bunga langka, Raflesia Arnoldii dan Amorphopallus Titanum. Selain itu hewan hewan endemik khas Sumatera seperti Orangutan, Siamang (Gibbon) semuanya masih liar dan bisa dijumpai jika beruntung.

Ketua Lembaga Wisata Batu Katak Bahorok Kabupaten Langkat, Tetap Ukur Ginting menjelaskan, saat ini mulai adanya peningkatan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Untuk perhari kedatangan turis asing 4-5 orang dan di hari-hari libur seperti akhir pekan tamu lokal cukup banyak. Biaya retribusi yang dikeluarkan cukup murah yaitu Rp5000 ditambah asuransi Rp1000 pengunjung sudah bisa menikmati indahnya Sungai Bekail dan hutan hujan tropis Taman Nasional Gunung Leiuser.

Di lokasi ini masih banyak ditemukan beragam flora dan fauna yang menarik. Ia pun terus berupaya untuk terus mengembangkan wisata Batu Katak.

Sementara para lokal Guide/pemandu Joe Sinuraya, Reman Sinulingga dan Hendra mengatakan, untuk kegiatan wisatawan yang berkunjung ke Batu Katak di antaranya adalah melakukan trecking hutan melihat bunga langka dan memantau beberapa hewan seperti orang hutan liar hingga siamang.

Wisatawan juga bisa menyusuri gua sepanjang 1 km dan gua-gua lainnya yang tak kalah indah. Objek wisata Batu Katak ini juga menyediakan tempat kemah, juga ada beberapa penginapan seperti Jungle river, Orchid bungalow, Gibbon guest house serta beberapa penginapan lain.

“Wisatawan setelah pulang Trecking bisa langsung Rupting di Sungai arus deras yang jernih Taman Nasional Gunung Leuser yang hijau dan asri,” ujar Reman.

Reporter : Ripin