Aceh  

Bupati Gayo Lues Imbau Dispar Gali Bibit Penari Bines

Bupati, Sekda, Asisten II, Kadispar dan para pemenang foto bersama. (orbitdigitaldaily.com/Putra)

GAYOLUES-Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru resmi menutup kompetisi tari bines yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata selama sejak kemarin 5 hingga 6 Oktober kemarin.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Festival Budaya Saman Platform Indonesiana tahun 2019 yang digelar di Bale Musara, Blangkejeren.

Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru menyampaikan,Kadis Pariwisata agar dapat menggali bibit – bibit penari bines. Supaya budaya ini bisa lebih dikenal lagi sepeti tari saman,” kalau bisa tari bines lebih dikenal di daerah lain bahkan tingkat internasional,” ujarnya, Minggu (6/10/2019) malam.

Untuk Dispar Gayo Lues, H Zaenal Abidin ia mengharapkan setiap desa yang ada di Gayo Lues agar menyisihkan sebagian dana desa guna memfasilitasi kegiatan tari bines.

“Ini adalah budaya yang tetap selalu dan harus dilestarikan.  Untuk para pemenang, kami dari Dinas Pariwisata akan mewacanakan pemenang kompetisi tari bines ini dibina menjadi sanggar Bines Pemda kabupaten Gayo Lues,” katanya.

Dari 17 peserta terpilih 4 pemenang diantaranya; Juara I Sanggar SMA l Rikit Gaib dari Kecamatan Rikit Gaib (Riga), piala dan hadiah langsung diserahkan Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru, Juara II sanggar Dilodari asal Rikit Dekat piala dan hadiah diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Thalib S sos MAP, dan juara III Sanggar Keleton Senye dari Blangsere, Piala dan hadiah di serahkan oleh Asisten ll Muhammad Nuh, untuk Juara Harapan I Sanggar Gele Berbunge dari Desa Gele di serahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata H Zaenal Abidin.

Reporter: Putra