Dialog Optimalisasi Sakip, Pj Bupati Langkat : KPD Harus Serius

LANGKAT | Pemerintah Kabupaten Langkat gelar dialog kinerja optimalisasi implementasi SAKIP dan reformasi birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat tahun 2024, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Senin (03/06/2024).

Dalam kesempatan itu, Pj Bupati Langkat H.M Faisal Hasrimy membuka langsung dialog kinerja optimalisasi SAKIP dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, dan menginstruksikan agar para kepala perangkat daerah (KPD) serius menyikapi SAKIP.

“Ini merupakan langkah dalam optimalisasi SAKIP dengan memperbaiki mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan hingga monitoring dan evaluasi internal,” ungkap Faisal.

Ia menjelaskan, bahwa pada 21 Mei 2024 lalu pemerintah Kabupaten telah melaksanakan audiensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk mendapatkan bimbingan dan arahaan dari Kemendagri.

“Kehadiran Pemkab Langkat disambut baik oleh Deputi Kemendagri dan mereka menyampaikan kami akan terus mendampingi bagi instansi pemerintah yang serius dan sungguh-sungguh memperbaiki implementasi SAKIP di pemerintahannya,” ucap Faisal Hasrimy.

Sambungya, hasil evaluasi SAKIP beberapa tahun terakhir yang menjadi nilai terendah Pemkab Langkat yaitu pengukuran kinerja. Bahwa pengukuran kinerja bisa berjalan maksimal jika unit kerja mengetahui maksud indikator kinerja.

“Dalam rangka meningkatkan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Langkat akan mengawal secara berkala setiap bulan pengukuran kinerja atas target yang diperjanjikan dalam dokumen perjanjian kinerja yang dibungkus dalam Agenda Dialog Kinerja,” ungkap Pj Bupati Langkat Faisal.

“Dengan adanya dialog kinerja dapat menguatkan komitmen para pimpinan perangkat daerah, dengan dilaksanakannya dialog kinerja ini, dapat mengoptimalkan implementasi SAKIP di lingkungan Pemkab Langkat,” pungkas Faisal.

Reporter : Teguh