Aceh  

Forum RKPD Bersama Perangkat Daerah Aceh Selatan 2025

Forum perangkat Daerah bersama Lintas daerah dalam rangka penyusunan Rencana kegiatan pemerintah daerah RKPD Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025

ACEH SELATAN | Pj. Bupati Aceh Selatan diwakili Staf Ahli bidang perekonomian dan Pembangunan, Erwiandi SSos MSi membuka Forum Perangkat Daerah dan Lintas Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025, yang di selenggarakan di lantai tiga gedung BAPPEDA Aceh Selatan.

Forum tersebut dalam rangka penyusunan Rencana kegiatan pemerintah daerah RKPD Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025

Pj. Bupati Aceh Selatan Cut. Syazalisma SSTP dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli bidang perekonomian dan pembangunan Erwiandi SSos MSi mengatakan, Forum Perangkat Daerah atau lintas perangkat Daerah ini, untuk penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan tahun 2025, yang merupakan salah satu tahapan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Aceh Selatan.

Dengan memantapkan laju pertumbuhan ekonomi melalui penguatan infrastruktur SDM yang berkualitas Komuditi Unggulan daerah yang inovatif dan ekonomi kreatif. Demikian paparan Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma dalam hal ini disampaikan Staf Ahli bidang perekonomian dan pembangunan Erwiandi,

Acara RKPD tersebut juga dihadiri para tokoh masyarakat, para kepala SKPK dan para camat dan setcam yang ada dalam Kabupaten Aceh Selatan .

Sebelumnya Kabid Program Bappeda Kabupaten Aceh Selatan Maria Ulfa SP MSi melaporkan, berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah, dan rencana kerja pemerintah daerah.

Permendagri Nomor 70 Tahun 2019 tentang sistim informasi pemerintahan daerah. Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Kepmendagri Nomor 050-3708 tentang pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Maksud dan tujuan dilaksanakan Forum Perangkat Daerah atawa Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025, merupakan tahun kedua (pada 2025) dalam penerapan Dokumen Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024-2026.

Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 ini sambungnya dilaksanakan guna mendapatkan masukan dan saran dalam rangka,penajaman dan penyelarasan terhadap target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran dalam rancangan renja Perangkat Daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang RKPD di
Kecamatan.

Dan salah satunya untuk menyelaraskan program dan kegiatan antar Perangkat Daerah dengan
Perangkat Daerah lainnya dalam rangka mengoptimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan untuk sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah,paparnya.

Adapun Tema Pembangunan Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024 adalah “Memantapkan Laju Pertumbuhan Ekonomi Melalui Penguatan Infrastruktur,
SDM yang Berkualitas, Komoditi Unggulan Daerah yang Inovatif dan Ekonomi Kreatif”, “.

Jumlah peserta dalam acara pelaksanaan Forum Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat
DaerahPenyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 RKPD berjumlah 150 orang peserta.

Dengan sumber dana pelaksanaan acara Forum perangkat daerah bersama lintas perangkat daerah
penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 ini sumber dananya dari APBK Aceh Selatan melalui DPA Bappeda Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2024.

Kepala Bappeda yang diwakili Sekrestaris Bappeda H. AKA MULYADI S.SI MM memaparkan tentang Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 52 Tahun 2022 tentang penyusunan dokumen perencanaan dan pembangunan daerah bagi daerah masa jabatan kepala daerah berakhir pada Tahun
2023 dan Daerah Otonom Baru.

Maksud dan tujuan dari pada pelaksanaan Forum .Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2025 dan juga memaparkan tentang Permasalahan makro RKPD 2025 adalah sambungnya,Pertumbuhan Ekonomi.

Laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022 sebesar 3,11 % walau masih rendah dari laju pertumbuhan ekonomi Aceh sebesar 4,21 %, Namun pada tahun 2023 terjadi peningkatan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Selatan mencapai 4,20 % dan pada tahun 2025 ditargetkan menjadi 4,32%.

Penduduk Miskin

Terkait persentase penduduk miskin Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2022 adalah sebesar 12,43% menurun bila dibandingkan dengan Aceh sebesar 14,64%.. namun pada tahun 2023 persentase penduduk miskin Kabupaten Aceh Selatan terus menurun dan mencapai 12,10 % dan pada tahun 2025 ditargetkan terus menurun menjadi 11,70.

Dengan Indeks pembangunan manusia Indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2022 adalah sebasar 67,87% masih dibawah IPM Aceh sebesar 74,11%. Namun Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2023 sudah meningkat mencapai 71,14% dan pada tahun 2025 ditargetkan meningkat mencapai 71,31%.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2022 adalah 4,82 berarti masih lebih naik dari Aceh sebesar 6,17% dan terus membaik pada tahun 2023 sebesar 6,03% dan pada tahun 2025 ditergetkan sebesar 3,80%.

PDRB Perkapita Kabupaten Aceh Selatan pada tahun 2022 adalah sebesar 27,44 masih dibawah Aceh sebesar 39,16. Namun pada tahun 2022 terus meningkat menjadi 29,37.pungkasnya.

Reporter : YUNARDI. M. IS