HM Subandi di Pesantren Tahfiz Al-Faiz : Pentingnya Ideologi Pancasila

Sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Pondok Pesantren Tahfiz Quran dan Hadits Al-Faiz

DELISERDANG | Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara dari Partai Gerindra, Drs. HM Subandi ST MM mengadakan kegiatan Sosialisasi Penyebarluasan Ideologi Pancasila dan Penguatan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Pondok Pesantren Tahfiz Quran dan Hadits Al-Faiz.

Acara digelar di Jl. Datuk Kabu Pasar III Desa Bandar Klippah, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, pada Minggu, (26/5/2024).

Kehadiran Subandi disambut meriah dengan atraksi Silat Lintau dan Tarian Melayu Setapak Sirih, serta alunan selawat dari para santri saat memasuki ruang acara. Suasana syahdu dan khusyuk menyelimuti pesantren, disertai bisikan para wali santri mengenai kedatangan calon Bupati Deli Serdang, yang didampingi oleh menantunya, Dr. Daniel Azhar Simanjuntak, SE, ME, yang kini menjadi juru bicara Presiden.

Dalam sambutannya, Pimpinan Yayasan Ponpes Datok, Dr. Padli, menyatakan kegembiraannya atas kunjungan Subandi. “Kehadiran Anggota Dewan ke pesantren kami merupakan kebahagiaan besar karena kami bisa langsung melihat sosok Drs. HM Subandi, ST, MM, Calon Bupati Deli Serdang periode 2024-2029. Kami akan terus mendoakan dan mendukung beliau,” ujarnya.

Dr. Padli juga berharap agar Subandi sering berkunjung untuk meninjau prestasi santri dan memberikan semangat. Meskipun pesantren ini sudah berdiri selama empat tahun dan bangunannya belum rampung, pihak pesantren belum pernah meminta bantuan pemerintah terkait pembangunan.

Dalam paparannya, Subandi menegaskan pentingnya berpedoman pada Pancasila. “Pancasila adalah harga mati dan sudah final sebagai satu pemikiran yang dikemas dalam lambang Burung Garuda,” kata Subandi. Ia juga menyatakan dukungannya terhadap Desa Bandar yang bertekad menjadi desa santri, mengingat banyaknya pesantren di desa tersebut.

Subandi berjanji akan memberikan bantuan pembangunan pesantren melalui anggaran pemerintah, yang disambut meriah dengan takbir dan tepuk tangan dari para hadirin. Ia juga berkomitmen mengajak para santri untuk menjalankan program gemar bertani dan beternak, dengan memberikan bibit ikan seperti lele dan gurami, serta bibit tanaman seperti cabai. “Harapannya, selain mengenyam pendidikan agama, santri dapat memanfaatkan lahan untuk kolam ikan dan kebun,” tambahnya.

Ketika ditanya oleh media mengenai pencalonannya sebagai bupati, Subandi menjawab, “Jika direstui, saya akan maju. Jika warga setuju, Insya Allah bersama kita akan benahi Deli Serdang menjadi lebih baik lagi.”

Kegiatan ini tidak hanya memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan santri, tetapi juga meningkatkan semangat kebangsaan dan kebersamaan dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Reporter : Rio