Irjen Martuani Sormin Siregar Pulang Kampung

oleh -850 views
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin Siregar saat menjabat Kapolda Papua. (internet)

JAKARTA – Kapolri Idham Aziz merotasi sejumlah jabatan Kapolda. Salahsatunya yang digeser diantaranya jabatan Kapolda Sumut.

Mutasi itu termuat dalam Surat Telegram Rahasia (TR) Kapolri nomor ST/3229/XII/KEP./2019 tertanggal Jumat, 6 Desember 2019.

Dalam TR itu, Idham Aziz memberikan promosi jabatan kepada Irjen Pol Agus Andrianto sebagai Kabarharkam Polri yang notabene berpangkat Komisaris Jendral.

Menggantikan Agus sebagai pucuk pimpinan tertinggi korps tribrata di Sumut, ada nama Irjen Pol Martuani Sormin Siregar.

Jendral bintang dua dengan perawakan tinggi besar ini merupakan perwira polisi lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1987.

Dia satu angkatan dengan mantan Kapolri Jendral Tito Karnavian yang saat ini dipercaya sebagai Mendagri oleh Preiden RI Jokowi.

Sormin, pria kelahiran 56 tahun silam ini lahir di Lobu Sonak, Lumban Sormin, Pangaribuan, Tapanuli Utara (Taput), Sumut.

Karir jendral satu ini boleh dibilang cukup moncer. Sormin juga sempat menjabat sebagai Kapolda Papua semasa kepemimpinan Jendral Tito Karnavian, lanjut menjadi Asops Kapolri sebelum akhirnya didapuk sebagai Kapolda Sumut.

Selain jabatan-jabatan strategis itu, ada cerita menarik lain bila mendengar nama Sormin.

Di tahun 2018, jelang Pilkada Sumut, nama Sormin Martuani juga sempat heboh lantaran bakal dijadikan sebagai Plt Gubsu kala itu.

Namun, karena berbagai penolakan nama Sormin urung menjadi Plt Gubsu. Posisi tersebut kemudian diisi Eko Subowo dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri)

Irjen Agus: Sormin Hadiah Buat Warga Sumut

Sementara itu, Irjen Pol Agus Andrianto yang dimintai tanggapannya sekaitan promosi jabatan itu mengaku bersyukur dan mengucap terimakasih khususnya kepada masyarakat Sumut.

“Terimakasih, mohon doa restu, ini adalah hadiah kepada warga Sumut, saya ucapkan terimakasih ini adalah doa dan berkat warga Sumut dan ini hadiah bagi warga Sumut,” sebut di Mapolda Sumut, Jumat (6/12/2019).

Ia menambahkan kalau selama menjabat Kapolda Sumut masih banyak pekerjaan yang belum diselesaikannya. “Banyak hal yang belum saya kerjakan,” ucap dia.

Dalama TR itu posisi Asops Kapolri yang ditinggal Irjen Martuani dipercayakan kepada Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Papua Barat.

Kemudian ada nama Brigjen Pol Tornagogo Sihombing, Dirtipideksus Bareskrim Polri mengisi jabatan Kapolda Papua Barat. (Diva Suwanda)