Jelang Pemeriksaan Saksi di Polres Labuhanbatu, KPK Geledah Kantor Bupati Labura dan Rumah Pengusaha di Kisaran

oleh -398 views
Jubir KPK Ali Fikri SH

MEDAN- Jelang pemeriksaan saksi terkait dugaan Korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemkab Labura, KPK melakukan penggeledahan di sejumlah titik yakni di rumah pengusaha di Kisaran Asahan dan Kantor Bupati Labura.

“Tim penyidik KPK sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti terkait penyidikan yang dilakukan KPK atas pengembangan perkara atas nama terpidana Yaya Purnomo. Kegiatan yang dilakukan adalah penggeledahan di beberapa tempat diantaranya kantor Bupati Labura dan rumah Ml alias A (swasta) di Kisaran Kab Asahan,”kata Ali Fikri kepada wartawan, Selasa (14/7/2020) melalui pesan Whatsapp.

Dari kegiatan ini kata Fikri diamankan sejumlah dokumen yang berhubungan dengan tindak pidana korupsi yang sedang dilakukan penyidikan saat ini dan sejumlah barang bukti elektronik.

Baca juga : Dugaan Korupsi DAK Labura KPK Tetapkan 4 Orang Tersangka Termasuk Bupati Labura

“Berikutnya Penyidik KPK akan segera melakukan penyitaan setelah mendapatkan ijin sita kepada Dewas KPK. Kontruksi perkara dan nama-nama pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam penyidikan ini akan kami sampaikan lebih lanjut,” tutup Fikri.

Sebelumnya diberitakan KPK direncanakan akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk empat orang tersangka korupsi DAK Labura Tahun 2017-2018 yang direncanakan pada Kamis (16/7/2021) di Mapolres Labuhanbatu.

Keempat tersangka berdasarkan surat panggilan terhadap saksi yaitu , H Kharuddin Syah alias Buyung Bupati Labura priode 2016-2021, Agusman Sinaga, Irgan Chirul Mahfidz Anggota DPR RI Priode 2014-2019 dan Puji Suhartono.cr-03