Kadalgas dan Tim Monev Tinjau Daker Madinah, Perlu Integrasi Petugas

Diskusi hangat antara Kadalgas, tim monev dengan Kadaker Madinah, Kasektor 5 dan Kasektor 3 Daker Madinah, Jumat (31/5). Foto: mch2024

MADINAH | Kepala Pengendalian Tugas (Kadalgas) PPIH Arab Saudi, Hasan Basri Sagala bersama Tim Monitor dan Evalusi (Monev) didampingi Kadaker Madinah, Ali Machzumi melakukan kunjungan ke Sektor 2. Rombongan diterima Kasektor 2 Madinah, Jumat (31/5).

Kepala Pengendali Petugas, Hasan Basri Sagala bersama Tim Monitor dan Evaluasi penyelenggaraan ibadah haji yang terdiri dari, Rektor UIN Mataram Prof Masnun, Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof Martin Kustati, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya Prof Ahmad Muzakki, Karo Keuangan dan BMN Subarja dan Karo Hukum dan KLN Dr Ahmad Bahiej.

Tim Monev juga mengunjungi Kantor Sektor 5 di Hotel Huda Taiba, Madinah disambut Kepala Sektor 5 Madinah, Abbar Munandar berserta jajarannya.

Dalam kesempatan ini, Kadalgas dan rombongan tim monev meninjau sekaligus mengevalusi hasil kinerja pelayanan petugas haji kepada Jemaah pada gelombang satu.

Usai mengunjungi Sektor 5, rombongan langsung mengunjungi Sektor 2 di Hotel Abraj Taba Madinah. Rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi klinik satelit atau klinik kesehatan yang ada di sektor 2.

Perlu Penangnan

Pada bagian lain, anggota Monev, Prof Martin Kustati yang juga Rektor UIN Imam Bonjol Padang ini mengungkap ada tujuh indikator telah mereka diskusikan bersama tim di Daker Madinah.
Kesimpulannya, kata Martin, menjadi prinsip pelaksanaan haji tahun 2024 telah berjalan dengan baik. “Ada beberapa potensi dari pada risiko-risiko sudah dimitigasi oleh kawan-kawan dan petugas yang dipercayakan pada tahun ini,” ujarnya.
Menurutnya, proses mitigasi ini perlu ada penanganan baik secara teknis maupun rekomendasi dalam tataran kebijakan. “Nah untuk rekomendasi dalam tataran kebijakan ini kita sebagai tim monev bersama Kadalgas Hasan Basri Sagala dan kita semua ada enam,” paparnya.

Dia juga mengingatkan, puncak haji itu akan segera berlangsung 16-17 haji lagi. “Saya kira ini yang perlu disosialisaskan dan perlu integrasi. Semua tim, bukan hanya tugas fungsi kesehatan, tapi harus dengan MCH juga, harus terintegrais dengan tim,” ujarnya.

Marulias|Mch