Kades Batahan I dan Penasehat Hukum Masyarakat Bertemu Kabid Transmigrasi Disnaker Sumut

oleh -220 views
Kades Batahan I Afnan Lubis bersama kuasa hukum masyarakat Transmigrasi Ali Sumurung Sinaga SH,CLA bertemu Kabid Transmigrasi Disnaker Sumut Bambang Siswanto

MEDAN – Terkait lahan Transmigrasi Swakarsa Mandiri (TSM) dan Hak Penguasaan Lahan (HPL) di Desa Batahan I Kecamatan Batahan, Mandailing Natal (Madina) Kades Batahan I Afnan Lubis SH di dampingi kuasa hukum masyarakat Ali Sumurung Sinaga SH,CLA bertemu dengan Kepala bidang (Kabid) Transmigrasi Disnaker Sumut Bambang Siswanto, Senin (6/7/2020).

Dalam pertemuan itu Afnan meminta sejumlah data tentang keberadaan lahan transmigrasi di Desa Batahan I tersebut agar bisa mengambil kebijakan terkait soal lahan transmigrasi tersebut.

Sementara penasehat hukum masyarakat transmigrasi di Desa Batahan I Ali Sumurung Sinaga menegaskan pentingnya data lahan tersebut adalah untuk melindungi masyarakat transmigrasi dari oknum dan pihak-pihak yang ingin menguasai lahan transmigrasi yang merupakan hak masyarakat transmigrasi dari oknum dan pihak-pihak tertentu tersebut.

” Saat ini banyak oknum dan pihak tertentu mengklaim menguasai lahan transmigrasi untuk kepentingan bisnis mereka sehingga merugikan bagi masyarakat yang merupakan warga transmigrasi tersebut,” kata Sumurung.

Menangapi hal tersebut, Kabid Transmigrasi Disnaker Sumut Bambang Siswanto menyambut baik permohonan data tersebut hanya saja harus dilengkapi dengan surat resmi dari pihak desa.” Kami menyambut baik permintaan data ini, namun lebih baik kalau dimintakan dengan surat resmi sehingga kami bisa memberikannya dengan resmi pula,” kata Bambang.

Reporter : A Lubis