Kapolres Budidayakan Tanaman Tin dan Anggur, Bupati Galus: Kita Mendukung

oleh -242 views

GAYO LUES – Berniat mengembangkan komoditi tanaman buah Tin dan Anggur di Negri Seribu Bukit dan 1000 Hafidz, tampaknya Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan SIK MSi serius dalam menjalankannya. Pasalnya, Beliau langsung menurunkan tim ahli ke Gayo Lues yang benar-benar bisa merawat tanaman tersebut.

Untuk membudidayakan komoditi itu, dirinya tidak bisa berkerja sendiri, setidaknya ada dukungan dari pemerintah daerah, karena tamanan Tin dan Anggur ini jika berhasil bisa menjadi sumber penghasilan yang baik untuk para petani.

“Saat ini kita masih melakukan proses penanaman dan jika berhasil kita akan bagikan bibitnya kepada masyarakat Gayo Lues,” kata Kapolres

Tujuan utama, lanjut Rudi Setiawan, salah satu target ialah untuk mengalihkan tanaman petani ganja menjadi tanaman buah Tin dan Anggur, menurutnya ini sangat luar biasa, walau agak sulit dilakukan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Gayo Lues (Galus) H Muhammad Amru, menyebutkan, tanaman tin dan anggur adalah tanaman baru di Gayo Lues, namun tahun ini Pemda berkerja sama dengan Kapolres untuk membuat demplot senilai kurang lebih 200 juta, dan berharap tanaman tersebut betul-betul cocok dengan ketingan dan iklim di Gayo Lues.

“Jika nantinya cocok, kita akan kembangkan dan kita bangga karna Gayo Lues wilayah penghasilan buat tin dan anggur bahkan di Sumatera belum ada yang menanam tanaman tersebut, namun kita tidak bisa buru-buru untuk melakukannya,” jelas H Muhammad Amru, Jumat ( 8/11/2019) saat disambangi orbitdigilaydaily.com di Pendopo Bupati.

Lanjutnya, untuk anggaran terebut Pemda belum mencantumkan dalam RPJM, namun jika dalam pertengahan bulan ini hasilnya bagus, maka Pemda akan menampung program tersebut dalam perubahan,” untuk tahun ini anggarannya kita coba dulu, dan nanti akan kita rubah sedikit RPJM-nya, karna sistem keuangan kita harus jelas,” terang Bupati.

Bantuan senilai 200 juta itu, tambah Bupati, untuk kebutuhan dalam membudidayakan buat tin anggur, seperti bibit tim ahli dan lain sebagainya. Karna tanaman tersebut tanaman yang sangat rentan sekali dengan kondisi alam,” kalau tidak cocok tidak kita kembangkan, tapi kalau cocok dengan senang hati kita budidayakan,” ujarnya. Seraya menambahkan, kita mendukung program Kapolres Gayo Lues.

Reporter: Putra