Kebanyakan Pasir, Proyek Dana Desa di Pagaran Silindung Remuk

Proyek Dana Desa Pagaran Silindung Kecamatan Lubuk Barumun yang rusak dan tidak kunjung diperbaiki. ORBIT/Firdaus

Palas-ORBIT: Proyek pembangunan deg penahan jalan di Desa Pagaran Silindung Kecamatan Lubuk Barumun Kabupaten Padangkawas (Palas) bersumber dari dana desa  jadi sorontan warga.

Alasannya, dek penahan tanah jalan pertanian desa itu hancur dua minggu setelah selesai dikerjakan

Info yang dihimpun menyebutkan pengerjaan proyek tersebut dilaksanakan akhir tahun lalu dan diselesaikan awal Januari lalu, namun hingga kini belum ada perbaikan dan hal tersebut membuat perhatian warga  semakin intens terhadap proyek DD anggaran 2018 tersebut.

Menurut penuturan warga setempat, pengerjaan deg penahan tersebut asal-asalan dan campuran semen kebanyakan pasir kemudian perencanaannya juga asal jadi. Karena sejak dulu kondisi parit tersebut sudah diketahui saat kemarau maupun saat musim hujan dan rancangan bangunan tersebut terkesan tidak dipersiapkan untuk kedua musim tersebut.

Kepala Desa Pagaran Silindung Ruslan Hasibuan yang dikonfirmasi, Rabu (27/2) membenarkan kejadian itu. Kondisi cuaca saat ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan perbaikan.

“Itu akan kita perbaiki, cuma belum tepat waktunya. Karena cuaca tak memungkinkan, ini saja disitu masih tergenang,” jelas Ruslan.

Menjawab wartawan, Rusaln mengatakan, proyek  pembuatan deg penahan tersebut  sepanjang 50 Meter. 20 meter diantaranya mengalami kerusakan. Kerusakan itu diklaim Kepala Desa akibat bencana alam, yakni akibat  diguyur hujan. Meski kondisi air hanya sebatas parit saja.

“Gimana lah mau kita bilang, bencana alam. Itu kuasa yang Kuasa itu,” ujar Kades.

Katanya,  kondisi proyek yang rusak itu sudah dilaporkan ke pihak kecamatan, melalui musyawarah desa dan berita acara kerusakan sudah ditanda tangani pemangku kepentingan di desa.

Dana Desa 2018,  selain dek penahan,  Desa Pagaran Silindung  juga mengerjakan  proyek pembangunan jembatan yang seiring dengan jalan pertanian tersebut. Kemudian pembangunan gudang PKK desa.

Sementara Tim Tenaga Ahli dana desa Kabupaten Palas Gontar Harahap yang dihubungi juga membenarkan kerusakan proyek dana desa tersebut. Katanya, tindak lanjut dari kerusakan tersebut harus diperbaiki. Od-Fir