Media Diharapkan Berpartisipasi pada Pilkada Gubsu 2024

MEDAN | Media masa cetak, elektronik maupun online diharapan dapat ikut berpartiipasi dan peningkatan kaasitas media pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumut 2024.

Keikut sertaan media dalam bentuk pemberitaan pada akhirnya dapat meningkatan partisipasi masyarakat pemilih pada pilkada gubernur dan wakil gunernur Sumut 2024

Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Sumut Agus Arifin pada pembukaan acara Diskusi Partisipasi dan Peningkatan Kapasitas Media Pada Pemilihan Gubermur dan Wakil Gubernur Sumut 2024 di Hotel JW Merriot jalan Putri Hijau Medan Selasa (25/6)

Selanjutnya Agus Arifin mengatakan pada pilkada 2024 ini KPU Sumut aan menarget partisipasi pemilih 80 persen.

“Pilkada 2019 lalu hanya sekitar 63 persen diharapkan 2024 ini bisa 80 persen.” ujar Agus Arifin optimis.

Adapun tolak ukur peningkatan partisipasi pemilih adalah diantaranya keterlibatan media masa yang terus menerus menginformasikan tahapan pelaksanaan pilkada gubernur wakil gubernur 27 Nopember 2024 yang akan datang.

Selain itu KPU juga telah melaksanakan beberapa tahapan pilkada salah satunya telah melaksanakan pelantikan petugas Pantarlih guna melalukan pemcoklitan dirumah rumah warga.

Dengan adanya tahapan ini kiranya media dapat berperan aktif dalam menginfomasikan pada masyarakat dengan menyampaikan berita melalui media.

” Ada istilah Media yang memberitakan Media yang menentukan.” pungkas Agus Arifin.

KPU juga mengundang narasumber Ketua PWI Cabang Sumut Farianda Putra Sinik. Memurutnya pada dasarnya media itu dibagi menjadi dua bagian Pertama media Pers yang menghasilkan karya jurnalistik Kedua media Non Pers atau media sosial.

Peran media pada saat pilkada gubernur dan wakil gubenur 2024 sangat penting Namun begitu belangkangan ini peran media tidak terlihat.

Farianda berharap KPU Sumut dapat memberikan peran yang lebih banyak lagi pada media guna menyampaikan informasi pada masyarakat.

Selain Ketua KPU Provsu juga hadir pada acara diskusi itu anggota KPU Provsu Divisi Parhupmas Sitori Mendrofa .Divisi Hukum El Suhaimi Kabag Teknis dan Parhupmas Maruli Pasaribu. Kasubag Hupmas Ririn.

Reporter : AM Tanjung