Aceh  

Pemuda Barsela Minta Pusat Segera Wujudkan Provinsi ABAS

ACEH SELATAN | Provinsi Barat Selatan (ABAS) sampai hari ini tetap terus diperjuangkan, karena perjuangan yang tertunda yang harus dilanjutkan demi kepentingan kemajuan Barsela.

Demikian papar Elemen Pemuda Barsela Muzakir,selaku koordinator Lembaga Pemerhati Parlemen Aceh (LPPA).kepada orbitdigitaldayli.com Jumat (17/5/2024).

Muzakir di kesempatan ini juga mengajak seluruh masyarakat Barsela dimana saja berada agar di dalam tahun politik Pilkada Aceh yakni, pemilihan Gebenur,dan wakil Gebenur.pintanya.

Kontestan pemilihan pelaksanaan PILKADA secara demokrasi yang tidak akan lama lagi akan di gelar sehingga hal tersebut, menjadi sebuah momentum penting,yang harus di lihat, bukan hanya soal kepentingan politik kekuasaan 5 tahun, tapi kita dari pantai Barat Selatan juga bagian yang terpenting dari Aceh.paparnya.

Lanjutnya, Barsela ini menjadi salah satu daerah pantai barat selatan Aceh,yang harus di lihat oleh para pemangku kepentingan Aceh,dan barat selatan khusunya baik dalam kontestasi Pilkada Aceh Pemilihan Gebenur dan wakil Gebenur,
Barsela adalah modal besar bagi provinsi Aceh,baik segi Sumber daya alam, sektor tambang,batu bara, ini adalah sumber yang harus menjadi modal yang harus di jaga bagi rakyat Barsela jika menjadi wilayah Provinsi ABAS.harapnya.

Dari segi SDM ( sumber daya manusia) tokoh-tokoh Barsela adalah tokoh-tokoh penting pemangku kepentingan di Aceh yang sejarah mencatat, seperti ” Nyak Adam Kamil, adalah tokoh putra Aceh Selatan,kelahiran Bakongan, militer,dan politisi, yang pernah menjadi Gebenur daerah Istimew Aceh pada tahun ( 1964-1986) dan putra Barat Selatan Meukek juga pernah menduduki sebagai Wakil Gebenur Aceh Marzuki Nyakman (1968-1978) dan masih banyak tokoh Barsela yang hari ini di provinsi Aceh baik sebagai pengusaha,politisi,birokrasi,akademisi, dan ini adalah modal SDM yang harus di perjuangkan secara bersama-sama,bebernya.

Barsela harus menjadi bagian yang harus bisa berdiri sendiri dan sudah sangat layak Barsela Adalah Provinsi ABAS dan memiliki pontensi daerah yang secara kekayaan alam melimpah, mulai dari Kabupaten .Aceh Besar,Aceh Jaya,Nagan Raya,Aceh Barat ,Semelue,Abdya,Aceh Selatan,Subussalam dan Aceh Singkil.

Maka,sambungnya, momentum Pilkada Aceh pemilihan Gebenur dan wakil Gebenur masayarakat Barsela harus memiliki sebuah pemikiran bersama dan kita harus melihat sosok figur dan calon Gebenur yang hadir dan kita perjuangkan harus berkomitmen dan mendukung Bagaimana Barat Selatan adalah bagian DOB (Daerah otonomi Baru ).

Lanjutnya dan hal ini bukan hal yang baru bagi masyarakat Barsela dan perjuangan tersebut adalah bagian dari kepentingan politik Aceh dan masyarakat Barsela.

Sambungnya lagi, karena ketika kekuasaan politik tidak bisa manjadi tujuan utama adalah kesejahteraan,dan keadilan,maka tujuan hakikinya tidak sesuai dengan prinsip secara etika politik dan kekuasaan.

Maka kita berharap kekuasaan politik 5 tahun adalah momentum mandat rakyat untuk menentukan figur kepemimpinan dan kekuasaan politik yang layak.

Dan Aceh maju,sejahtera,adil,bermartabat,berbudaya, dan Aceh bagian dalam bingkai Syariat Islam yang harus di jaga,dan di pelihara, siapa pun jika terpilih sebagai Gebenur Aceh, nantinya.

Dan kita sangat mengharapkan perhatian dari pusat agar Barsela dapat terealisasi dengan segera, karena sudah sangat lama perjuangan untuk Provinsi Pantai Barat Selatan belum tuntas tuntasnya terlaksana, maka dari itu sambungnya dimana saja warga warga pantai barat selatan berada mari berjuang untuk Barsela, agar tidak ada terjadi lagi kecemburuan sosial, mengingat pantai Barat Selatan selalu terpinggirkan sampai hari ini. Pungkasnya.

Reporter : YUNARDI. M. IS