Pengabdian Dosen Unimed Untuk Masyarakat Samosir

oleh -300 views
Dosen Unimed Laksanakan Pengabdian untuk Mayarakat Samosir. (orbitdigitaldaily.com/Tonijer)

SAMOSIR – Ketua Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Drs Pudin Saragih didampingi Prof Dr Harun Sitompul M.Pd dan Aprinawati SE.MM memberikan bantuan alat pengering kepada Nantogi Sinaga, pengrajin Opak warga Desa Sianjur Mulamula, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir Selasa (10/9/2019).

Pemberian bantuan alat pengering itu guna mengatasi masalah dan kendala yang dihadapi produsen opak di Kabupaten Samosir.

Program PKM ini dibiayai Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Dikti melalui Universitas Negeri Medan (Unimed) sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian dosen kepada masyarakat.

Drs Pudin Saragih mengatakan, tim pelaksana melakukan survei lokasi dan mendata permasalahan yang dialami pengrajin sehingga mendapatkan solusi dari hasil diskusi.

“Tim pelaksana menerima permohonan dari pengrajin untuk diusulkan ke DRPM. Dan proposal diseleksi secara Nasional dan prosesnya cukup ketat,” kata Drs Pudin Saragih kepada orbitdigitaldaily.com Rabu (11/9/2019).

“Target kami produk Opak Nantogi Sinaga bisa menjadi oleh-oleh khas Samosir dan bisa masuk mini market,” ujar Pudin Saragih.

Selanjutnya, selain menyerahkan bantuan alat pengering, kompor gas dan alat-alat kelengkapan, tim pelaksana program juga mendampingi mitra pelaku UMKM dalam manajemen usaha dan pemasaran produk opak agar dapat bersaing di pasar.

Sementara itu, Nantogi Sinaga mengaku sangat berterimakasih atas bantuan tersebut.

Ia berharap program yang sama terus berlanjut dan ditingkatkan, karena sangat membantu pelaku usaha mikro.

“Saat musim hujan kami sangat kesulitan mengeringkan opak, bahkan sering para pengrajin menghentikan produksi sehingga berdampak kurang baik. Tapi dengan adanya bantuan ini maka, kami akan sangat terbantu, ” ungkapnya.

Reporter: Tonijer