AcehHeadline

Pengurusan Paspor Berangkat Haji Sekarang Tidak Repot, Bisa di Kemenag Singkil

Singkil-ORBIT: Sejumlah Jamaah Calon Haji (JCH) Aceh Singkil mengakui kemudahan pengurusan paspor untuk keberangkatan ke tanah suci tahun ini melalui unit mobile yang disediakan pihak imigrasi Meulaboh.

Sebab dua tahun sebelumnya untuk pengurusan paspor hendak berangkat ke tanah suci harus mengurus ke Meulaboh Aceh. Namun sekarang dengan tersedianya unit mobile yang disiagakan di Kantor Kemenag Aceh Singkil ini, sangat menghemat biaya dan menghemat waktu beberapa hari dan antrian berjam-jam untuk mengurus paspor tersebut.

Iskandar salah satu jemaah calon haji kepada Orbitdigitaldaily, Selasa (12/2/2019) menyampaikan apresiasi terhadap pihak Kemenag dan pihak Imigrasi yang telah berhasil mengusulkan untuk kebutuhan mempermudah pelayanan masyarakat dalam pengurusan paspor.

 “Selain menghemat biaya dan menghemat waktu, dan tidak harus mengantri berjam-jam,” ucap Iskandar saat menjalani pemeriksaan kesehatan, usai foto biometrik di kantor Kemenag setempat.

Kepala Kantor Kemenag Aceh Singkil Salihin Mizal mengatakan, JCH diperkirakan berangkat tahun 2019, telah masuk setimasi pelunasan berjumlah 19 jamaah, dan ditambah 4 dari cadangan.

Sebanyak 17 jamaah yang melakukan perekaman paspor, terdiri dari 13 jamaah estimasi dan 4 jamaah cadangan, selebihnya jamaah sudah memiliki paspor yang masih berlaku.

Sebelum perekaman paspor tersebut, pihak kantor imigrasi kelas II non TPI Meulaboh terlebih dahulu melaksanakan rapat teknis yang dilaksanakan di kantor imigrasi Meulaboh, terkait penerbitan paspor jamaah calon haji tahun 2019, yang dilaksanakan langsung di Kantor Kemenag Aceh Singkil.

Dari hasil rapat tersebut kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil meminta kepada pihak imigrasi agar kembali melayani untuk perekaman pembuatan paspor menggunakan unit mobile. “Pembuatan paspor dengan unit mobile ini sangat membantu para jamaah terutama para lansia, dan ini tahun kedua dilakukan,” sebut Salihin.

Sementara pihak Perwakilan Kantor  Imigrasi di Meulaboh, Jamarudin menyebutkan, kemudahan pelayanan dalam pengurusan paspor merupakan tindak lanjut rapat teknis pihak imigrasi di Meulaboh 31 Januari 2019. Atas komitmen bersama antara pihak Kemenag, dan kami bersedia memberikan pelayanan unit mobile di Aceh Singkil. On-MS/AH

Komentar Facebook

Artikel Terkait