Peringatan Harganas ke 26, Momentum Ciptakan Karakter Umat

oleh -53 views

KISARAN – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019 yang dilaksanakan Kamis (3/10/2019) di SDN 013832 Rahuning I, Kecamatan Rahuning diharapkan menjadi model setiap keluarga untuk berupaya menciptakan karakter umat dengan harapan semua orang tua untuk menjadi teladan, berbudi pekerti luhur, beraklak mulia, serta menjadi panutan bagi masyarakat.

Bupati Asahan, H Surya yang hadir bersama Ketua TP PKK dan Sekda Taufik ZA dalam acara bertema “ Cinta Keluarga, Cinta Terencana” ini mengatakan, membangun karakter anak bangsa yang berkualitas dimulai dari keluarga khususnya orang tua sebagai simbol kepala keluarga.

Orang tua dan anak-anak tentunya harus dapat menerapkan pengetahuan tentang 8 fungsi global yang menjadi progam pemerintah dengan berbasis kepada fungsi agama, fungsi sosial, budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi ekonomi, fungsi pendidikan, dan fungsi reproduksi.

“Program Keluarga Berencana bukan semata-mata untuk memasukkan pelayanan koontasepsi semata, akan tetapi melingkupi pengendalian penduduk, Keluarga Berencana dan Pembangunan keluarga sehingga dimasa depan kualitas sumber daya manusia bangsa Indonesia akan menjadi unggulan dan daya saing terhadap bangsa-bangsa di dunia, “ ujarnya.

Menurut Bupati, sesuai data statistik bahwa penduduk di Kabupaten Asahan saat ini berjumlah 706.283 jiwa. Dengan kondisi jumlah peduduk tersebut tentunya harus diimbangi pula dengan dukungan, sandang, pangan, tempat tinggal, pendidikan dan transportasi. Dengan keseimbangan yang tidak merata akan berdampak kepada dampak sosial dimasyarakat.

“ Keberhasilan program-program Keluarga Berencana tidak terlepas dari komitmen pemerintah serta keterlibatan lembaga kemasyarakata, pengurus TP PPK daerah dan unsur masyarakat yang bisa menyatukan persepsi bersama dalam membangun khususnya pengendalian penduduk Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Asahan “ ungkapnya.

Dipenghujung sambutannya Bupati mengajak kepada lintas Sektoral dan masyarakat untuk menggaungkan 4 pendekatan ketahanan keluarga Indonesia dengan melaksanakan pendekatan keluarga, yakni : Keluarga Berkumpul, Keluara Berdaya, Keluarga Peduli dan berkompi. Sektor yang terkait itu harus dilakukan sebagai orang tua untuk menjaga anak-anaknya agar tdak salah memilih masa depannya.

“ Melalui acara Harganas ini kita selaku orang tua harus mau dan berani mengintropeksi diri supaya kita benar-benar ditengah-tengah keuarga, dengan 4 pendekatan tersebut kita dapat menghadapi berbagai permasalahan dan tatangan yang dihadapi dalam keluarga dan lingkungan sekitarnya “ tandas Bupati.

Diakhir acara Bupati menyerahkan secara simbolis lemari tempat penyimpanan alat kontrasepsi kepada Faskes Kecamatan Rahuning, Kecamatan Pulau Rakyat, dan Kecamatan Aek Ledong. Selanjutnya dilaksanakan pemberian dana operasional petugas KB, dan Kader KB di Desa yakni PPKBD dan Sub PPKBD untuk 4 wilayah Kecamatan.

Sekaligus penyerahan hadiah Luky draw kepada peserta yang mengikuti Senam Keluarga dan kuis yang diajukan Bupati dan Sekda Kabupaten Asahan, bagi yang berhasil menjawab dengan baik dan benar diberikan uang masing-masing Rp 100 ribu untuk 10 orang.

Reporter : Amin