Program Nasional, Bupati Gayo Lues Canangkan Gebrakan Masker

oleh -368 views

GAYOLUES-Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru didampingi Kepala Dinas Pengairan Provinsi Aceh, Ir Mawardi mulai canangkan program Gebrakan Masker (GEMA) dengan tujuan mengarahkan masyarakat Gayo Lues menggunakan masker sebagai alat pelindung.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Gedung Bale Musara, Blangkejeren, Kamis (3/9/2020).

Kepala Dinas Pengairan Provinsi Aceh, Ir Mawardi mengatakan, pencanangan GEMA terjadi secara serentak di seluruh Indonesia guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi.

“Penggunaan masker terbukti merupakan alat pelindung dan pencegah yang paling efektif dari penularan penyebaran Virus Covid-19, dalam hal pemerintah pusat yang berkoordinasi dengan daerah melaksanakan program Gebrak Masker (GEMA) secara serentak diseluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Sementara Bupati Gayo Lues H Muhammad Amru dalam kesempatan itu menyebutkan, Kabupaten Gayo Lues merupakan salah satu yang proaktif dalam penanganan pencegahan penyebaran virus Covid 19, hal ini dilakukan karena minim nya peralatan dan tenaga medis yang ada di Gayo Lues.

Ia menegaskan, bahwa keberadaan Virus Covid-19 benar adanya, bukan merupakan rekayasa karena beberapa korban sudah dinyatakan positif berdasarkan hasil Swab, dalam hal ini bagi yang terpapar sudah dilakukan penanganan, dan bagi masyarakat luas tetap lakukan aktifitas sesuai dengan protokol kesehatan, salah satunya berprilaku hidup sehat selalu mencuci tangan, dan memakai masker.

“Kehadiran pihak provinsi Aceh yang diwakili Kadis Pengairan, telah menambah semangat baru bagi Tim Satgas Covid 19 Gayo Lues untuk terus melakukan pencegahan penyebaran virus Covid 19, dan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat luas,” jelasnya.

Secara teknis, tambahnya, seluruh tim Gebrak Masker (GEMA) dari Provinsi dan tim dari Kabupaten Gayo Lues akan mulai bergerak menyisir seluruh kecamatan dan desa desa guna sosialisasi masker dan protokoler kesehatan, serta membagikan 20 ribu lebih masker kepada masyarakat,tim akan bergerak mulai Jum’ at (4/9)-Sabtu (5/9).

Amru menghimbau, kepada seluruh masyarakat Gayo Lues agar dapat bekerja sama dengan Tim Gebrak Masker guna sosialisasi kepada masyarakat dan diharapkan agar selalu memakai masker jika melakukan aktifitas diluar rumah atau di keramaian, tegasnya.

Reporter: Putra