Resmikan Pilot Projek Desa Kuta Mbelin, Wagubsu dan Terkelin Panen Sayur Hidroponik

oleh -146 views

TANAH KARO | Wakil Gubernur Sumatera Utara Drs Musa Rajekshah resmikan Desa Kuta Mbelin, Kecamatan Naman Teran sebagai pilot project Menuju Desa Madani di Kabuoaten Karo, sekaligus panen perdana kebun sayur Hidroponik masyarakat desa itu, Selasa (6/10/2020) di Badan kemakmuran Mesjid Baitul Makmur di desa Kuta Mbelin.

Peresmian itu turut dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Kepala BNNK Kab. Karo AKBP Heppi karo karo, Kadis Pertanian Metehsa Purba dan Camat Maman Teran Dwi Kora Sitepu.

Dikesempatan itu Wagubsu Musa Rajekshah menyebutkan bahwa desa Kutambelin patut diapreisasi dan ditiru. Karena desa itu memiliki Kreatifitas dan inovasi dalam mengembangkan desa membantu masyrakat petani.

“Sistem itu dipadukan dengan kebun hidroponik, yang dapat menciptakan lapangan kerja dengan menambah pendapatan yang tidak membutuhkan lahan yang luas namun hasilnya memuaskan,” ujarnya.

“Lebih unik dan disenangi hasil kebun hidroponik sayur mayur, dimasa kini sekarang banyak digemari oleh kalangan perhotelan,” tambahnya.

“Melirik kemajuan kebun hidroponik ini, Pemprovsu tertarik ingin menggulirkan bentuk usaha lain yaitu ternak lebah, yang sejalan dengan kebun hidroponik dalam melengkapi keinginan masyrakat yang aktif dalam bertani. Hal ini juga membantu kondisi terakhir saat ini desa Kuta Mbelin terdampak erupsi Gunung Sinabung. Jadi sangat cocok dengan penambahan usaha seperti itu,” ucapnya.

“Untuk itu Pemkab Karo silahkan lakukan pendataan, agar lokasinya tepat dan pihak Pemprovsu pun dapat meng-nput sesuai kebutuhan, tapi bantuan ternak lebah yang disediakan ada berkisar 500 kotak,” sebut Wagub.

“Satu hal yang sering terjadi ketika petani hendak mau menjual hasil panen, harga tanaman tidak mendapat harga, ini kerap sering dialami , tentu disini perlu kehadiran pemeintah dalam mengatasi kesulitan masyarakat, sebab pemerintah tidak boleh berbisnis , sehingga pemrintah menggunakan strategi BUMD untuk mengelola itu semuanya,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengatakan pada prinsipnya Pemkab Karo mendukung apa yang digulirkan oleh Pemprovsu terkait ternak lebah.

“Semua itu, akan kita angkat kepermukaan di saat Musrembang, sehingga apa yang digulirkan anggaran dapat di tampung, tentu hal itu tetap berkoordinasi dengan pihak Provsu,” ujarnya.

Reporter : Daniel Manik