Sahrir Lantik FMPPS Palas

oleh -215 views

PALAS – Forum Masyarakat Peduli, Penyiaran Sehat  (FMPPS) Padang lawas diharapkan menjadi perpanjangan tangan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, dalam meluruskan isu atau info yang beredar sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang aktual dan dapat dipercaya.

Hal itu dikatakan Drs Sahrir  usai melantik FMPPS  Palas di Aula Hotel Syamsiah, Jalan Surapati, Jumat (6/12/2019).

“Kita harap forum ini menjadi alat kontrol sosial yang baik bagi masyarakat agar benar-benar dapat membedakan mana yang berita yang baik dan mana yang kurang baik,”  kata Sahrir.

Nantinya hanya KPID Sumut saja yang mempunyai hak eksekusi untuk memberikan teguran atau sanksi kepada lembaga penyiaran yang melanggar aturan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu turut hadir Kepala Dinas Kominfo Palas, Drs Marza Inova, Staf  Ahli Kantor Bupati Thamrin  Harahap, Wakapolres Palas, Tomas, Aktivis kemahasiswaan beserta sejumlah komisioner KPID Sumut lainnya.

Kadis Kominfo Palas Marza Inova mengharapkan, forum ini  bersinergi bersama-sama melakukan pengawasan isi siaran televisi dan radio terhadap layanan siar yang ada di mdaerah, karena itu adalah tugas utama mereka.

“Harapannya forum ini bisa bersinergi dengan KPID Sumut dalam pemantauan dan isi siaran televisi dan radio dan memberikan laporan jika menemukan salah satu isi siaran yang dianggap tidak sehat atau bermasalah kepada KPID Sumut,” sebutnya.

FMPPS sudah terbentuk di beberapa kabupaten/kota di Sumut seperti Pematang Siantar, Toba Samosir, Tanjung Balai, Asahan, Medan, dan Palas satu satunya di Tabagsel yang terbentuk.

Sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran, pada pasal 52 masyarakat juga berperan sebagai pengawas, sehingga dapat mengadu atau mengajukan keberatan terhadap program dan/atau isi siaran yang merugikan.

“Jika masyarakat menemukan temuan diharapkan catat stasiunnya apa, catat nama programnya, catat hari dan jam berapa siarannya, serta buat kesimpulannya, dan laporkan ke KPID pasti akan kita follow up bersama-sama dengan yang melaporkan,” tandasnya.

Susunan pengurus FMPPS Palas yaitu H Udahan Butar-butar sebagai Ketua, Atas Siregar ( Sekretaris), Rudi Pulungan (Divisi Advokasi), Firdaus Hasibuan (Divisi Pengawasan) . Mardan Hanafi Hasibuan ( Divisi Advokasi Penyiaran) yang juga dibantu oleh beberapa seksi-seksi.

Reporter : Firdaus Hasibuan