Aceh  

Sebanyak 780 Anggota PPS Aceh Selatan Dilantik

ACEH SELATAN | Sebanyak 780 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terdiri 450 laki-laki dan 330 perempuan dari 260 gampong di 18 kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan, dilantik.

Pelantikan dan pengambilan sumpah dilaksanakan oleh Ketua KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi SE, berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan, Selasa (24/1/2023).

Acara pelantikan terhadap 780 anggota PPS tersebut dihadiri oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, unsur Forkopimda, para Asisten, kepala SKPK, para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Aceh Selatan dan undangan lainnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji serta penandatanganan pakta integritas anggota PPS Pemilu tahun 2024 berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran mengatakan, Pemilihan Umum Tahun 2024, merupakan wujud pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk lima tahun kedepan, oleh karena itu, penyelenggaraan pemilihan umum tersebut nantinya harus berjalan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejalan dengan itu, perlu dipahami bahwa suksesnya penyelenggaraan pemilihan umum diharapkan tidak hanya dari segi prosedural semata, tetapi juga sukses dari segi substansial, ucap bupati.

Dengan demikian, dapat kita pahami bahwa peran penyelenggara pemilihan umum, termasuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) sangatlah penting, oleh karenanya, anggota PPS harus memiliki integritas dan komitmen dalam menjalankan tugas serta wewenangnya, tambah Tgk. Amran.

Kami berharap, kepada anggota PPS yang baru dilantik supaya dapat bekerja maksimal untuk membantu KIP Aceh Selatan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah kerjanya masing-masing, dalam melaksanakan tahapan demi tahapan Pemilu tahun 2024.

“Kami ingatkan kepada saudara, untuk dapat bersinergi dengan pemerintah gampong di wilayah kerja masing-masing,” tegas bupati.

Pada kesempatan yang sama Ketua KIP Aceh Selatan Saiful Bismi mengatakan, setelah bapak ibu dilantik nantinya akan dilakukan pemutakhiran data pemilih, tentunya akurat atau tidaknya itu tergantung ditangan bapak ibu semuanya.

Selain itu kami mohon bekerja secara profesional, bekerja dengan integritas dan mengutamakan kepentingan negara dibandingkan kepentingan pribadi, uicapnya.

Reporter : YUNARDI. M. IS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *