Selain Harga Gas, Ini Beberapa Persoalan Yang Menjadi Sorotan Dewan

oleh -128 views

ACEHSINGKIL – Ada beberapa catatan sebagai saran, usulan yang menjadi rekomendasi DPRK Aceh Singkil dalam LKPJ Bupati Aceh Singkil Tahun 2019.

Diantaranya persoalah harga Gas tabung ukuran 3 Kilogram yang djual dipasaran melebihi harga eceran tertinggi (HET).

Ketua Panitia Khusus LKPJ Bupati Tahun 2018, H Mairaya dalam penyampaian rekomendasi DPRK Aceh Singkil terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun 2019, yang berlangsung di Ruang Paripurna Dewan, Rabu (20/5/2020) kemarin, meminta dinas terkait selalu memantau proses distribusi termasuk ketersediaan dan kestabilan harga gas melon tersebut.

Mairaya juga meminta kepada dinas terkait agar menindak pedagang yang masih menjual gas tabung 3 kilogram dengan harga melebihi HET.

Sebab kondisi tersebut belakangan sangat meresahkan masyarakat kecil, apalagi sulitnya diperoleh gas melon tersebut sebagai kebutuhan sehari-hari.

Di samping itu Mairaya meminta kepada dinas terkait, dalam pemberian bantuan berupa ternak, bibit tanaman, bibit ikan, pupuk dan peralatan usaha lainnya harus benar-benar selektif dan sesuai data riil dilapangan. Sehingga harus benar-benar diterima oleh orang yang pantas sebagai penerima bantuan.

Hal ini dilakukan sebagai peningkatan taraf hidup masyarakat miskin. Yang parah nya jangan sampai ada penerima bantuan ganda. Sehingga tidak menjadi gejolak dibelakangan hari, tegas Mairaya.

Tim Pansus LKPJ Bupati juga mempertanyakan keberadaan kapal cepat sebagai moda transportasi laut untuk penunjang pariwisata daerah.

Namun sayangnya, setelah dibeli beberapa bulan lalu, namun kapal tersebut belum juga beroperasi, serta tempat tambat yang permanen. Sehingga dikhawatirkan rusak sebelum menyumbang PAD.

Selain itu, terkait persoalan dibidang olah raga, kami menilai peran KONI Aceh Singkil dinilai masih kurang. Sebab terlihat atlit-atlit daerah belum mampu bersaing dengan atlit daerah lain.

Hal ini disebabkan karena tidak adanya pembinaan atlit dan kurang responnya pengurus KONI untuk pengembangan olahraga, padahal anggaran selalu tersedia, ucap Mairaya, menyebutkan berharap atlit-atlit Aceh Singkil bisa mengharumkan nama daerah.

Reporter: Saleh