Sempat ke Negara Pandemi, Dinkes Sumut Telusuri Perjalanan PDP Corona yang Meninggal

oleh -168 views
Petugas medis RSUP H Adam Malik. Ilustrasi.

MEDAN –  Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) tengah menyelidiki rekam perjalanan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid 19 yang meninggal dunia di RSUP H Adam Malik, Selasa (18/3/2020).

Setidaknya itu yang diungkapkan Kadinkes Sumut Alwi Mujahit. Menurutnya, PDP Corona yang meninggal itu sebelumnya melakukan perjalanan ke Yerusalem kemudian ke Italia.

“Pasien PDP meninggal tadi malam sekitar pukul 20.45 WIB Sudah dibawa pulang keluarganya,” kata Kadis Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit kepada wartawan, Rabu (18/3/2020).

Menurut orang nomor satu di Dinkes Sumut itu, dirinya sendiri belum bisa memastikan apakah pasien tersebut memang benar mengunjungi Italia, negara pandemi nomor wahid di dunia.

 “Kabarnya mereka pulang dari Yerussalem kemudian ke Italia, mereka rombongan. Ini yang sedang ditelusuri oleh anggota saya. Nanti kita lihat laporannya,” ujar Alwi.

Sementara itu, Kasubbag Humas RSUP HAM Rossario Dorothy Simanjuntak enggan memberikan penyebab meninggalnya atau hasil laboratorium terhadap PDP Covid-19 yang meninggal tersebut.

“Maaf tidak ada keterangan pers ya, ilahkan menuggu informasi resmi lsg dari jubir pemerintah,” katanya via Whatsapp.

Sebelumnya, Satu pasien PDP Covid yang dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik meninggal dunia, Selasa (17/3/2020) malam. (Diva Suwanda)