Sinabung Kembali Erupsi, Berastagi Dipenuhi Debu Vulkanik

oleh -296 views
Dibantu TNI dan Polri, Petugas Damkar sibuk membersihkan debu vulkanic erupsi Sinabung di Berastagi

TANAH KARO- Lama tidak menyemburkan abu vulkaninik, Sabtu dinihari (8/8/2020) sekitar pukul, 01.45 WIB, dengan tinggi kolom abu sekitar 2000 meter lebih diatas puncak gunung (4.460 MDPL).

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), status Gunung Sinabung tidak berobah, tetap berada pada Level III (Siaga). Abu vulkanik erupsi gunung, sesuai dengan arah mata angin, cenderung mengarah ke arah Timur.

Saat dikonfirmasi Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin SH melalui telepon selularnya mengatakan, pihaknya telah turun kelapangan bersama tim BPBD guna mengantisipasi terdampak paparan debu, di Kecamatan Naman Teran dan Kecamatan Berastagi. Kita tidak ingin terjadi sesuatu apapun, terlebih saat ini kita iengah mengahadapi pandemi Covid-19.

“Kita menghimbau masyarakat dan warga lainnya supaya tidak mendekati atau memasuki kawasan zona merah Sinabung. Lebih baik dicegah dari pada nantinya timbul korban,” katanya.

Menyangkut masalah luas areal pertanian yang mengalami kerusakan akibat terdampak erupsi itu, belum diketahui secara pasti, kita sudah mempersiapkan tim untuk menghitungnya,” tandas Natanail.

Reporter : Daniel Manik