STAMI Dan PBI Pematangsiantar Dukung Rencana Bupati Taput Dirikan Untara

TAPUT – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, menyambut udiensi tim rombongan Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia (STAMI) dan Politeknik Indonesia (PBI) Pematangsiantar.

Acara audensi tersebut diterima langsung Bupati Taput di ruang kerjanya, Jalan Letjen Suprapto No 1, Kelurahan Hutagalung Siwaluompu, Kecamatan Tarutung, Selasa (11/02/2020).

Dalam acara audensi yang dilakukan STAMI dan PBI Pematangsiantar, Bupati Taput mengatakan, dengan adanya rencana mendirikan Universitas Tapanuli Raya (Untara) di daerah Kabupaten Taput, kedepan Untara dimaksud harus menjadi Lembaga Riset dan Sifatnya Umum.

“Selain itu, dengan berdirinya Untara nanti dapat menjadi salahsatu solusi pengentasan kondisi perekonomian rakyat di Tapanuli Utara,” ucap Bupati Taput kepada Tim audensi STAMI dan PBI Pematangsiantar di Tarutung, Selasa (11/02/2020).

Nikson Nababan menjelaskan, keberadaan Untara nantinya akan mendorong pengembangan kualitas Universitas swasta di wilayah Tapanuli Raya.

Dosen yang berkualitas di Universitas Negeri juga bisa mengajar di Universitas Swasta.

Menurutnya selain hal tersebut, sirkulasi perputaran uangpun meningkat dan tentunya akan berdampak mendorong perekonomian masyarakat.

“Masuknya ribuan mahasiswa nantinya dari luar Tapanuli Raya, juga akan meningkat pelayanan jasa yang otomatis juga meningkatkan wisatawan ke Danau Toba. Efek dominonya (Multiplayer effect) bukan hanya untuk Tapanuli Raya, akan tetapi juga akan berdampak positif untuk skala nasional,” terangnya.

“Lulusan Universitas ini juga akan bisa bekerja di wilayah ini sehingga kondisi selama ini di Tapanuli Raya dimana usia produktif akan meramping karena mereka rata rata keluar dan bekerja di luar Tapanuli,” tambahnya lagi.

Nikson Nababan juga menyampaikan langkah strategis kedepannya, bahwa dengan keberadaan Untara dapat mendongkrak berkembangnya posisi universitas swasta di wilayah Tapanuli Raya.

Bagi mereka yang tidak lulus di Universitas negeri ini akan mencoba di universitas swastanya.

Sekaitan planning yang disampaikan Bupati Taput, Direktur Polteknik Bisnis Indonesia (PBI) Pematangsiantar Sahat Sonang Sitanggang mendukung.

Ia menyampaikan apresiasi penuh atas pendirian Universitas Tapanuli Raya (Untara).

“Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya,” ucap Sahat Sitanggang.

Reporter : Juliber Silitonga.