Stok Beras di Palas Aman Untuk Tiga Bulan

oleh -442 views
Kegiatan peninjauan ketersediaan beras dan gula, di Gudang Semi Permanen ( GSP) Bulog, Desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun Palas, Kamis (19/3/2020)

PALAS- Untuk mengantisipasi ketersedian kebutuhan bahan pokok beras dan gula bagi masyarakat luas di ancaman bahaya wabah covid – 19 ( virus corona) saat ini, Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Padang Lawas ( Palas) membentuk tim, diwakili Asisten II H Panguhum Nasution, Kepala Dinas ( Kadis) Ketahanan Pangan Nurhalimah Hasibuan, Kadis Pertanian Thamrin Harahap, Kadis Peternakan Ali Amrin, Kadis Perindag Julpanuddin Daulay dan Kabag Ekonomi Sekretariat Bupati Palas Gempur Nasution, melakukan peninjauan ketersediaan dua jenis kebutuhan pokok ( beras dan gula) tersebut, di Gudang Semi Permanen ( GSP) Bulog, Desa Hutalombang, Kecamatan Lubuk Barumun Palas, Kamis (19/3/2020) siang.

Dalam peninjauan ini, Kepala GSP Hutalombag Hidayat diwakili Stafnya Rian Rezeki Tarigan mengatakan stok beras bulog untuk warga Palas diperkirakan pihaknya masih cukup untuk tiga bulan kedepan. Didetailkannya, saat ini stok beras bulog yang ada digudang itu, sebanyak 300 ton. Masih masih dalam perjalanan proses pengiriman menuju gudang itu, sebayak 200 ton.

“Perkiraan kami stok kita tiga bulan kedepan aman. Soalnya, kalau digabung dengan beras kita yang saat ini dalam perjalanan, semua 500 ton. Sementara, kebutuhan beras kita perbulan di Palas hanya sekitar 110 ton normal”.jelasnya. 

Untuk ketersediaan gula putih di gudang itu, saat ini disebutkannya,  lagi kosong. Dijelaskanya, saat ini kebutuhan gula tersebut, lagi dalam perjalanan (proses pengiriman ), sekitar 50 sampai 100 ton, menuju gudang. Bersamaan dengan pesanan beras pihaknya itu dan untuk tepung terigu sama minyak Goreng stokny masih aman.

“Kami rasa kalau kita disini, stok beras dan gula kita aman nanti”.tuturnya.

Untuk harga beras saat ini, disebutkannya, berfariasi mulai dari sekitar Rp 8.600 hingga Rp 10.000/Kg ( Kilo gram), sesuai dengan jenis beras yang ada di gudang tersebut. Sedangkan untuk gula putih saat ini, Rp 12.000/Kg.

Terkait kondisi stok beras dan gula ini, saat yang sama Asisten II Pemkab Palas H Panguhum Nasution, mengatakan berharap kepada pihak GSP Bulog tersebut, supaya mengantisipasi para pembeli yang ingin memanfaatkan mengambil keuntungan lebih, di kondisi situasi ancaman virus corona saat ini. Tujuannnya, supaya penimbunan bahan pokok gula dan beras di Palas tidak ada. Dan tersalur kepada masyarakat yang membutuhkan, sesai kebutuhan masing – masing.

Sementar Kadis ketahanan Pangan Nurhalimah Hasibuan meminta kepada pihak  GSP Bulog supaya secepanya membuat pasar murah supaya warga bisa terbantu.

“Kami harap kerja sama yang baik antara Pemkab Palas dengan KSP Bulog dan agar secepanya membuat pasar murah agar masyarakat terbantu dengan harga yang murah, ujar Halimah.

Reporter : Firdaus Hasibuan