Stunting Jadi Topik Penting Pada Pelatihan Inovasi PSDM di Pintu Pohan Meranti

oleh -343 views
Melati Silalahi, Sekretaris DPMD Tobasa saat sampaikan sambutan pada Acara pelatihan inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Kecamatan PPM di aula kantor kecamatan PPM, Jumat (11/10/2019). (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

BALIGE – Untuk ke berlangsung suatu usaha, kita harus memastikan bahwa Sumber Daya Manusia  (SDM) yang kuta miliki memiliki kualitas yang baik. Kualitas dan Produktivitas SDM sebenarnya dapat ditingkatkan dengan melakukan Program Pelatihan dan Pengembangan SDM.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melalui Sekretaris Dinas, Melati Silalahi pada acara pelatihan inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di kecamatan Pintu Pohan Meranti (PPM) pada Jumat (11/10/2019).

Melati juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam upaya mencapai kemajuan pembangunan melalui inovasi desa.

Ia berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, aktif bertanya jika ada hal yang masih kurang dimengerti, aktif berdiskusi sehingga dapat meningkatkan kemampuan kader dalam upaya pembangunan.

Mewakili camat PPM, Kasi PMD, Rahman O Manik juga meminta agar seluruh peserta pelatihan tetap semangat mengikuti materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Salahsatunya terkait upaya pencegahan stunting dari berbagai aspek, baik dari segi kesehatan, peran serta masyarakat, inovasi desa dan regulasi untuk penggunaan dana desa.

“Hendaknya peserta aktif bertanya, berdiskusi dan berbagi pengalaman terkait kendala kendala yang dihadapi dalam upaya pencegahan stunting dan lainnya,” pintanya.

Sementara itu, Rudy H Simamora, Kasi UEM yang juga merupakan Narasumber dari tim inovasi Kabupaten Tobasa menyampaikan materi terkait peningkatan kapasitas kader dan perangkat desa dalam berbagai BID menyangkut peningkatan SDM.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan dan kreatifitas kader dan perangkat desa dalam peran serta melaksanakan program pencegahan stunting melalui inovasi desa,” jelasnya.

Didampingi stafnya, Vinky pasaribu, Tenaga Ahli Kabupaten, Sumihar Lenny Nainggolan, Rudy menyebutkan bahwa Pelatihan inovasi pengembangan sumber daya manusia (PSDM) ini dilaksanakan di setiap kecamatan di wilayah kabupaten Toba Samosir.

Kegiatan yang berlangsung di aula pertemuan Kecamatan PPM ini tampak diikuti oleh para kader desa, bidan desa dan seketaris desa dari seluruh desa di wilayah kerja kecamatan PPM.

Reporter: Bernard Tampubolon