Terapkan Prokes Kepada Supir dan Penumpang, Tim GTPP Covid-19 Operasi di Terminal Kabanjahe

oleh -103 views

TANAH KARO- Guna memaksimalkan pencegahan penularan Covid-19 di Kabupaten Karo, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) pantau langsung Tim Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan (OPPK) menerapkan protokol kesehatan kepada para supir dan penumpang di Terminal Kabanjahe, kamis (9/7/2020).

Disela-sela pemantauan itu Ketua OPPK Kab Karo yang juga Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara menghimbau masyarakat yang berada di tempat-tempat keramaian supaya mematuhi himbauan pemerintah tentang protokol kesehatan.

“Kita sudah menempatkan tim operasi pendisplinan personil gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Kesehatan di tempat-tempat umum yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.

“Seperti misalnya di Terminal Kabanjahe, kita sudah menugaskan tim untuk memantau aktifitas masyarakat di lokasi itu, tujuannya memberikan edukasi, advokasi dan motivasi pentingnya kesehatan dan keselamatan setiap orang,” jelasnya.

Sementara Kadishub Gelora Fajar Purba SH mengaku, bahwa pihaknya sudah berulang kali menghimbau kepada supir melalui mandor agar selalu mengedepankan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker saat perjalanan keluar daerah.

“Menyangkut masalah titik-titik penampatan penambahan lokasi cuci tangan, pihaknya sudah mengkondisikan supaya setiap jenis armada diterminal saat beroperasi semua dekat dengan tong cuci tangan. Mudah dijangkau dan tidak sulit untuk datangi supir dan penumpang untuk cuci tangan,” Imbuhnya.

Melihat kesiapan tim OPPK di Terminal Kabanjahe Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, bersama Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal BatuBara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SIK SH, Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan dan Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba mengatakan kita sengaja memantau Terminal Kabanjahe untuk memastikan kesiapan pengemudi dan penumpang dalam displin protokol kesehatan.

“Disini, supir berperan penting, untuk menyampaikan pesan dan himbauan Kepada penumpang tentang pentingnya protokol kesehatan sebelum menaiki kendaraan, artinya berikan edukasi, pemahaman, kepada penumpang yang tidak menggunakan masker, supaya dia memakai maskernya,” ujar Terkelin disela-sela dialog dengan salah seorang supir angkutan umum.

“Masyarakat yang tidak memakai masker, jangan membuat resah yang sudah patuh mengikuti protokol kesehatan. Tidak ada alasan bagi masyarakat tidak memakai masker, karena kalau tidak mematuhi protokol kesehatan, itu sudah jelas sebagai sumber penularan penyakit ditengah pandemi Covid-19,” tandasnya.

Reporter : Daniel Manik