Terkelin Lantunkan Pantun Gubernur di Pelantikan DPRD Karo

Para anggota DPRD Karo yang baru dilantik foto bersama dengan unsur Forkominda kabupaten Karo. (orbitdigitaldaily/Daniel Manik).

KARO-Di penghujung pelantikan 35 anggota DRPD Karo terpilih masa bakti 2019-2024,  lagu nasional Padamu Negeri menggema usai Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe, Dahlan Tarigan SH MH melantik melalui pengambilan sumpah janji jabatan anggotan dewan, Selasa (1/10/2019) di ruang paripurna gedung DPRD Karo.

Sebelumnya Ketua DPRD Karo periode 2014-2019, Nora Else Br Surbakti didampingi kedua wakil Inola Br Ginting dan Efendy Sinukaban  terlebih dahulu membuka  paripurna dewan.

Selanjutnya Sekeretaris DPRD Karo Petrus Ginting membacakan SK Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi tentang pemberhentian anggota DPRD Karo yang lama (periode (2014-2019), dilanjutkan pembacaan Suarat Keputusan Gubernur Sumut Nomor : 188.44/574/KPTS/2019 tertanggal 20 September 2019 tetantang penetapan Anggota DPRD Kabupaten Karo masa jabatan 2019-2014, yang dirangkai dengan penunjukan pimpinan dan wakil pimpinan anggota dewan sementara.

Namun hal yang mengharukan di paripurna dewan pengambilan sumpah jabatan dan janji legislatif yang hanya dihadiri 17 anggota dewan yang lama, ketika pembawa acara  mempersilakan anggota dewan yang lama meninggalkan kursi sidang pertanda mereka sudah demisioner.

Diantara anggota DPRD Karo yang demisioner terlihat juga mereka lesu dengan mata berkaca-kaca. Sambil menunduk mereka mengambil tempat duduk disisi kanan ruang sidang.

Sekali-sekali para anggota dewan yang gagal duduk itu terlihat menghela nafas panjang sembari mengusap wajahnya menyaksikan acara pelantikan.

Di kesempatan itu melalui paripurna DPRD Kabupaten Karo ditunjuk pimpinan dewan sementara Iriani br Tarigan dari PDIP karena memperoleh kursi terbanyak (delapan kursi) di lembaga dewan, sedangkan wakil pimpinan dewan sementara ditunjuk Sadarta Bukit dari Partai Gerindra, karena perolehan kursi partai berlambang Garuda itu terbanyak kedua (lima kursi).

Usai penunjukan pimpinan dan wakil pimpinan dewan sementara, dilanjutkan dengan penyerahan palu pimpinan dewan dari pimpinan dewan yang lama Nora Ekse Surbakti kepada pimpinan dewan sementara Iriani Br Tarigan.

Penyerahan palu pimpinan dewan itu turut didampingi para wakil pimpinan dewan sementara dan pimpinan dewan yang sudah demisioner.

Setelah menerima palu pimpina dewan, ketua sementara DPRD Karo Iriani Br Tarigan didampingi wakil pimpinan dewan sementara Sadarta Bukit SE mengucapkan sebagai pimpinan dewan dia berjanji akan berkerja sepenuh hati mengemban tugas yang diamanahkan rakyat kepadanya.

Sementara Bupati Karo Tekelin Brahmana SH, mengawali sambutannya dia menyampaikan pesan gubsu Edy Rahmayadi dengan berpantun “Hari kamis memakai baju batik, Membeli baju di toko butik hari ini kita habis masa politik, kita dukung anggota dewan yang baru dilantik” lisanya yang disambut riuh tepuk hadirin.