Terkelin Lepas 264 Petugas Sensus BPS Mendata Penduduk Karo di 17 Kecamatan

oleh -150 views

TANAH KARO – Lanjutkan Peralihan Sensus Penduduk Online (SP Online) ke pendataan sensus penduduk secara manual, secara simbolis Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, lepas dan berangkatkan sebanyak 264 orang petugas Badan Pusat Statistik (BPS) Kabuaten Karo tahun 2020, ke 17 Kecamatan, sekaligus memberi perbekalan tugas berupa, sepotong rompi , face Shield , tanda identitas, tas dan satu lembar hasil rapid tes Covid-19 kepada perwakilan petugas sensus BPS, Kamis (03/09/2020) di Kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Dikesempatan itu Terkelin Brahmana mengatakan, bertugaslah dilapangan dengan baik dan perhatikan sistem yang ada, dan jangan lupa melakukan koordinasi dengan para camat dilapangan, sebagai bentuk kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini.

“Sukses melaksanakan SP Online, selanjutnya, diharapkan juga secara manual pun dapat juga sukses,” harapnya.

“Supaya terhindar dari Covid-19, perhatikan protokol kesehatan dalam menjalankan tugas, jangan lupa pakai masker, terlebih para petugas sebelumnya sudah dilakukan sterilisasi dengan mengikuti Rapid tes, untuk kenyamanan bekerja dilapangan. Yang terpenting jangan lalai, ikuti aturan adaptasi kebiasaan baru dengan mematuhi protokol kesehtan,” ujar Terkelin mengingatkan.

Sementara, Kepala BPS Kab Karo Yustinus Sembiring SE menyebutkan, bahwa saat ini petugas sensus sebanyak 264 orang telah dipersiapkan turun kelapangan, guna menyukseskan program sensus penduduk, setelah tahap pertama selesai digelar secara online, maka untuk selanjutnya dilakukan dengan sistem manual.

“Petugas BPS yang ditugaskan melanjutkan sensus dengan cara manual, semuanya sudah dilatih dan di didik tata cara menyebarkan formulir bagi masyrakat yang belum mendaftarkan secara SP online,” katanya.

“Demi kenyamanan petugas pendataan dilapangan, dimasa pandemi Covid-19 ini, kita selalu menganjurkan untuk mengikuti protokol kesehatan, dengan melakukan rapid tes kepada semua petugas kita, dan hasilnya semua Non Reaktif,” jelasnya.

“Gambaran ini meyakinkan para petugas kita dilapangan bahwa mereka tidak terpapar Covid-19, sehingga nyaman bekerja,” ujar Yustinus.

Reporter : Daniel Manik