Medan  

Tim PTP2W-KSS Provsu Salut dengan Warga Desa Batang Parsuluman

TAPSEL | Tim Evaluasi Desa Binaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (PTP2W-KSS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyatakan salut atas kekompakan warga Desa Batang Parsuluman, Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Hal itu mereka ungkapkan saat kunjungannya ke desa tersebut pada Selasa (27/9) lalu dalam rangka kunjungan ke Tapanuli Selatan.

Kunjungan Ketua Tim Evaluasi Desa Binaan PTP2W-KSS Angga Pramudia dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumut beserta rombongan ke Desa Batang Parsuluman disambut Bupati H Dolly Pasaribu bersama Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu.

Dikesempatan itu Angga mengatakan, PTP2W-KSS adalah program peningkatan peran perempuan yang mempergunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan, secara terkoordinasi dengan upaya yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.

Melalui program ini pula diharapkan dapat mempercepat upaya peningkatan kualitas hidup perempuan melalui kegiatan penyuluhan pengetahuan, keterampilan dasar, kegiatan sosial hingga mampu berkontribusi dalam mewujudkan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan keluarga serta peran optimal dalam pembangunan.

Masih Dilema

Sementara Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu dalam sambutannya mengatakan, kedatangan tim evaluasi desa binaan Provsu kategori PTP2W-KSS adalah untuk melihat sejauh mana pelaksanaan PTP2W-KSS di desa tersebut, apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, karena Desa Batang Parsuluman, Kecamatan Saipar Dolok Hole, merupakan salah satu desa yang mewakili kabupaten/kota tingkat Provinsi Sumut pada kategori PTP2W-KSS.

Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk selalu menerapkan pola gotongroyong dalam membangun desa, apalagi Desa Batang Parsuluman telah terpilih sebagai fokus program desa binaan kategori PTP2W-KSS, yang polanya sangat menarik.

Sedangkan Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu menyampaikan, bahwa program PTP2W-KSS sangat kompleks dalam permasalahan keluarga yang mana dikenal dengan sebutan 5 R, yakni rawan kesehatan, rawan ekonomi, rawan pendidikan, rawan transportasi, dan rawan telekomunikasi.

“Kelima kerawanan itu masih dilema, terutama dalam proses perjalanan pembangunan di Tapsel. Untuk itu dengan kita tangani bersama, baik bantuan fasilitas kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan seterusnya yang melalui kaum perempuan, tentu akan memperbaiki kualitas keluarga khususnya di Desa Batang Parsuluman,” ujar Rosalina.

Sedangkan Kepala Desa Batang Parsuluman Sholahuddin Pasaribu dalam exposnya menyampaikan, bahwa mereka sudah membuat berbagai macam pelatihan untuk mendorong produktifnya warga, terkhusus kaum perempuan di Desa itu.

“Kita sudah melaksanakan berbagai kegiatan, seperti pelatihan menjahit, pelatihan membuat kue bolu pisang mande, pelatihan membuat kerajinan anyaman tikar, keranjang, dan berbagai pelatihan lainnya untuk memproduktifkan kaum perempuan di desa ini,” urainya.

Sementara, Ketua TP PKK Desa Batang Parsuluman, Ny Rohayanti Sholahuddin Pasaribu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tapsel dan OPD terkait sehingga banyak perubahan dan kemajuan yang dirasakan masyarakat Desa Batang Parsuluman.

Turut hadir dalam acara tersebut, pimpinan OPD, kepaa bagian, Ketua DWP Tapsel, pengurus TP. PKK Kabupaten, mewakili camat serta unsur Forkopimcam Saipar Dolok Hole (SDH), kepala desa/lurah se-Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), para pengurus TP. PKK desa/kelurahan, Hatobangon, Alim Ulama, Cerdik Pandai, serta seluruh Warga Desa Batang Parsuluman.

Reporter : M Harahap