Warga Desa Sukadamai Gelar Musrenbang

Suasa Musrenbang di Desa Sukadamai, Kecamatan Pulo Bandring. Orbit/Heri

Kisaran – ORBIT: Warga Desa Sukadamai Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan menggelar musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang Desa untuk menyerap aspirasi pembangunan dari masyarakat .

Dalam kegiatan yang digelar di Balai Desa setempat, Senin (14/1/2019) tersebut dihadiri unsur BPD, Kepala Dusun, LPM, TP PKK, Tokoh Pemuda dan Tokoh masyarakat.

Selain unsur desa, musyawarah itu juga dihadiri Camat Pulo Bandring Berani Simbolon, Sumarwan anggota DPRD Asahan dan Koramil.

Kepala Desa Sukadamai Darto, mengatakan musyawarah desa merupakan panglima dari semua kebijakan dalam memutuskan konsep pembangunan yang berlandaskan hasil mufakat.

Menurutnya, masyarakat desa agar menyampaikan usulan prioritas yang tidak dapat dianggarkan APBDes atau DD maupun ADD. “Silahkan sampaikan usulan-usulan pembangunan,” katanya.

Anggota DPRD Asahan Sumarwan, menyampaikan Musrenbang ini bukanlah acara seremonial, namun inilah pintu aspirasi yang akan dicantumkan untuk dianggarkan di APBD.

Dia menjelaskan, Musrenbang ini tidak hanya memikirkan aspek fisik, mungkin ada aspek sosial dan kesehatan sebagainya.

Dengan acara ini bisa menjadi komunikator untuk memberikan informasi agar dapat diserap sesuai yang diharapkan dalam pembangunan.

“Tidak mungkin pembangunan akan terlaksana di Desa ini tanpa ada rangkaian dari Musrenbang itu sendiri,” katanya. Od-Her