20 Orang Diduga Terlibat Kerusuhan Rutan Kabanjahe, Kerugian Ditaksir Rp5 M

oleh -437 views
Kondisi Rutan Klas II B Kabanjahe yang diberi garis polisi. (orbitidigitaldaily.com/David Kaka)

TANAHKARO – Pasca kebakaran yang terjadi di Rumah Tahan Negara (Rutan) Kelas II B Kabanjahe, pihak Rutan dan Kepolisian pun langsung bergerak cepat untuk mengungkap dalang kerusuhan.

Sebanyak 20 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas II B Kabanjahe, telah teridentifikasi oleh pihak kepolisian, yang turut terlibat memicu kerusuhan di dalam Rutan.

Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Sumatera Utara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Sutrisman, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di lokasi Rutan Kelas II B Kabanjahe, Kamis (13/2/2020) sehari setelah kerusuhan terjadi.

“Yang jelas, yang sudah teridentifikasi sebanyak 20 orang. Mungkin yang membakarlah, yang melemparlah, macamlah. Sebelumnya baru ada 10 orang, dan mungkin berkembang,” jelas Sutrisman.

Sementara untuk kerugian materi akibat kebakaran Rutan Klas II B Kabanjahe, menurut Sutrisman, nilai pastinya belum diketahui, kerena masih dihitung.

Namun dilihat dari bangunan yang terbakar mencapai 90 persen, pastinya nominal kerugian besar, dan untuk tahu berapa kerugiannya, dia mengaku masih menunggu hasil perhitungan tim ahli.

Sutrisman menambahkan, menanti Rutan Klas II B Kabanjahe dibangun kembali, tahanan berjumlah 410 orang dititip ke sejumlah tahanan luar.

Ada di tahanan Polsek setempat seperti Polsek Barusjahe dan Mapolres Karo. Itu bagi mereka yang kasusnya belum inkrah masih menjalani proses hukum.

Sementara tahanan yang kasusnya sudah inkrah, sudah dievakuasi ke Lapas Janjung Gusta, LP Perempuan, Binjai, Sidikalang, Humbahas dan Langkat.

Tepisah, Kepala Rutan Klas II B Kabanjahe Simson Bangun menyampaikan, dilihat dari bangunan yang terbakar kerugian estimasi mencapai 4 – 5 Miliyar. Karena kondisi bangunan Rutan hampir sepenuhnya terbakar.

“Kondisi bangunan hampir 90 persen terbakar. Kerugian mungkin sekitar 4 – 5 miliar,” sebut Simson Bangun Kepala Rutan Kelas II B Kabanjahe yang dihubungi melalui sambungan selular.

Reporter: David Kaka