Belum Bisa Belajar Tatap Muka, Wali Murid Keluhkan Beban Tugas Daring

oleh -175 views
Petugas pengibar bendera saat Upacara Peringatan Hardikda ke-61 di Halaman Kantor Bupati

ACEH SINGKIL– Status Aceh Singkil saat ini ditetapkan menjadi zona orange. Sehingga sampai ini belajar tatap muka di sekolah belum juga bisa dilaksanakan.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Singkil Khalilullah, Kamis (3/9/2020) mengatakan, sesuai regulasi aturan mengacu kepada SKB 4 Menteri, belajar tatap muka tidak bisa dilaksanakan, lantaran status wilayah masih zona orange.

Zona tersebut dikeluarkan oleh pihak yang berwenang, 30 Agustus 2020, berdasarkan survey kajian para pakar menyangkut penetapan zona wilayah status penyebaran Covid-19. Yang boleh sekolah zona warna hijau dan kuning, sehingga sesuai SKB 4 Menteri dengan status zona orange, Aceh Singkil belum bisa belajar tatap muka.

Katanya, sebelumnya Pemkab Aceh Singkil telah membahas untuk belajar tatap muka disekolah. Namun karena kondisi wilayah dengan munculnya kasus positif Covid-19 sehingga belum bisa dilaksanakan.

Sementara menanggapi banyaknya keluhan orang tua banyaknya beban tugas murid saat belajar dalam jaringan (Daring), Khalilullah berharap agar guru bisa menyesuaikan dan bersinergi agar pelajaran bisa disederhanakan sedemikian rupa.

Semua sudah ada aturannya bagaimana pelajaran bisa disederhanakan dan kurikulum tercapai. Tinggal kepatuhan Kepala Sekolah masing-masing dan guru untuk melaksanakannya terhadap murid.
Sudah jelas Daring maupun pembelajaran jarak jauh ini menyebabkan muncul persoalan baru. Karena sangat bergantung kepada SDM pengajar dan situasi bagaimana pelaksanaannya, belum lagi menyangkut sarana prasarananya.

Sementara itu Upacara Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-61 di Halaman Kantor Bupati Aceh Singkil hanya diikuti personel TNI, Polri dan Dinas Perhubungan dan Satpol PP, tanpa diikuti oleh siswa-siswi sekolah.

Ketidak ikut sertaan siswa itu setelah koordinasi dengan Sekdakab lantaran belum diizinkan untuk masuk sekolah, dan berdasarkan perintah Gubernur.

Reporter: Saleh