Besok, KPU Mulai Rekapitulasi Suara Nasional

KPU.

Rekapitulasi suara tingkat nasional mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok atau 9 Mei 2019.

“Kita rencanakan mulai sekitar tanggal 9 Mei atau tanggal 10 Mei. Rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat nasional itu akan dilaksanakan di Kantor KPU, Jakarta Pusat,” kata Komisioner KPU Viryan Aziz saat ditemui di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (8/5).

Viryan menyampaikan rekapitulasi nasional akan dimulai usai penghitungan suara luar negeri di 130 PPLN rampung.

Saat ini, rekapitulasi suara luar negeri masih berjalan. Hingga Rabu (8/5) siang, pukul 12.06 WIB, baru 74 dari 130 wilayah kerja PPLN yang tuntas direkapitulasi.

Viryan mengatakan kemungkinan besar waktu penyelesaian rekapitulasi suara luar negeri meleset dari target. Seharusnya rekapitulasi luar negeri rampung hari ini, tapi masih ada beberapa PPLN yang belum selesai menghitung suara.

“Molor karena ada kondisi seperti itu. Kalau pun ini semua selesai, kan harus menunggu Kuala Lumpur yang melakukan pemungutan suara ulang untuk metode pos,” katanya.

Sementara untuk rekapitulasi nasional, saat ini baru Provinsi Gorontalo yang sudah selesai dan siap diproses di tingkat nasional. Viryan mengatakan KPU akan menunggu beberapa provinsi lagi yang selesai untuk memulai penghitungan tingkat nasional.

“Iya [Gorontalo siap direkapitulasi di tingkat nasional], tapi kan tidak mungkin satu, harus ada beberapa provinsi sudah selesai,” ucap dia.

KPU punya waktu hingga 22 Mei 2019 untuk merampungkan seluruh rekapitulasi suara Pemilu 2019, baik Pilpres maupun Pileg.

sumber: CNNIndonesia